Bupati Blitar Serahkan SK Perhutanan Sosial Warga Ngadirenggo

JurnalPost.com – Bupati Blitar Rini Syarafah hadir dalam acara Sosialisasi Pengembangan Usaha Ekonomi Masyarakat Desa Mealui Implementasi Hutan Desa oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa, Serta turut menyerahkan Surat Keputusan (SK) Perhutanan Sosial, Senin (20/11/2023).

Penyerahan SK yang dilaksanakan di Balai Desa Ngadirenggo Kecamatan Wlingi di hadiri oleh 290 anggota masyarakat yang akan mengelola perhutanan sosial Desa Ngadienggo. Rini Syarafah selaku Bupati Blitar menyerahkan SK Perhutanan Sosial yang akan dikelola warga dalam jangka waktu 35 tahun.

Dalam sambutan Bupati Blitar menyampaikan, bahwa dengan penyerahan SK sebagai awal momentum untuk perhutanan sosial khususnya skema hutan Desa Ngadirenggo.

“Tujuan dari Perhutanan Sosial bukan semata-mata pemberian SK melainkan langkah srtategis untuk mencapai keseimbangan antara perlindungan lingkungan, keberlanjutan sumberdaya hutan dan kesejahteraan masyarakat. Inilah esensi dari perhutanan sosial yakni mewujudkan harmoni antara manusia dan alam,” ungkapnya.

Dengan pengelolaan hutan berkelanjutan diharapkan dapat meningkatkan kemakmuran masyarakat seperti kegiatan wisata atau pengelolaan kayu hutan sebagai sumber pengahsilan bagi warga penerima SK Perhutanan Sosial ini.

“Harapan kedepan ini semoga dapat menumbuhkan perekonomian pastinya. Karena Masyarakat bisa memanfaatkan ini sebagai hutan Desa untuk dijadikan perekonomian termasuk BUMDES dan BUMDESMA nya nanti bisa dikolaborasikan’” ujar Bupati Blitar.

Selain itu tujuan dengan diadakan sosialisasi ini terkait konsekuensi, hak kewajiban, larangan, cara mengembangkan, serta apa yang akan tercapai di perhutanan sosial khususnya Desa Ngadirenggo dapat terlaksana dengan baik sesuai peraturan perundang undangan dan tidak melanggar aturan agar meningkatkan pertumbuhan perekonomian warga desa Ngadirenggo.

Perlu di ketahui bahwasanya pada Senin 18 September 2023 berlokasi di Jakart, Kelompok Tani Hutan Nusantara mendapat amanat dari Bapak Prsiden Joko Widodo pengolahan khusus kepada Masyarakat meliputi hutan Desa, Hutan Kemasyarakatan, dan Hutan Tanaman Rakyat. Diserahkan SK Perhutanan Sosial sebanyak 1.541 SK dengan luas areal 1,048 juta hectare. Kelompok Tani Hutan perwakilan dari beberapa Dusun di Ngadirenggo sendiri turut dalam penyerahan SK Perhuhtanan Sosial.

Oleh: Rahma Junatus Chusna

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *