Campus Goes to Company sebagai Perwujudan Semangat Ajaran Tamansiswa Trikon

JurnalPost.com – Kunjungan perusahaan merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting dalam proses pembelajaran di perguruan tinggi. Adanya kunjungan perusahaan ini memberi peluang besar bagi mahasiswa yang mau mengenal lebih lagi dunia bisnis secara faktual. Selain itu, kunjungan perusahaan juga memberikan pengetahuan tentang manajemen perusahaan, budaya kerja dan proses produksi di dalam suatu perusahaan.

Pada Rabu (6/9/2023) Mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa melakukan kegiatan Kuliah Kunjungan Perusahaan (KKP) ke PT Victoria Care Indonesia di Semarang, Jawa Tengah. Kegiatan KKP ini diikuti oleh 121 Mahasiswa semester 5 dan beberapa dari angkatan sebelumnya yang belum mengikuti KKP serta didampingi 13 orang dosen.

“Kunjungan ini memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk memahami secara langsung bagaimana menerapkan teori yang dipelajari di kelas dengan lingkungan nyata di lapangan. Selain itu adanya KKP ini juga merupakan salah satu wujud partisipasi mahasiswa dalam penerapan ajaran Tamansiswa,” kata Kaprodi Akuntansi UST, Sri Ayem, SE., M.Sc., Ak.

Ajaran Tamansiswa Trikon adalah prinsip-prinsip pendidikan yang dipegang teguh oleh Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Trikon merupakan singkatan dari kontinyu, konvergensi, dan konsentris, yang menjadi pedoman dalam proses pendidikan di universitas ini.

Prinsip Kontinyu menekankan pentingnya pembelajaran yang berkesinambungan. Artinya, pembelajaran tidak terbatas hanya di ruang kelas, tetapi dalam berbagai konteks dan lingkungan. KKP adalah salah satu contoh konkret dari implementasi prinsip kontinyu, di mana mahasiswa dapat melihat dan belajar dari situasi nyata di lapangan. Mahasiswa berkesempatan untuk melihat dan berinteraksi langsung dengan berbagai departemen di PT Victoria Care Indonesia Semarang, seperti bagian produksi.

Konvergensi berarti integrasi berbagai disiplin ilmu dan pengetahuan menjadi satu kesatuan yang utuh. Dalam konteks KKP, mahasiswa akuntansi tidak hanya melihat aspek akuntansi saja tetapi juga memahami bagaimana aspek lain seperti produksi, distribusi, dan pemasaran berinteraksi dalam operasional bisnis. Selama tur, mahasiswa tidak hanya mempelajari aspek akuntansi tetapi juga memahami bagaimana fungsi lain seperti produksi dan pemasaran saling berhubungan dan mempengaruhi satu sama lain dalam mencapai tujuan bisnis. Mahasiswa menerima gambaran komprehensif tentang bagaimana mengintegrasikan proses akuntansi ke dalam operasi bisnis sehari-hari.

Prinsip konsentrisitas menekankan pentingnya fokus pada tujuan dan nilai yang diinginkan. Pada kegiatan KKP ini, mahasiswa tidak hanya melihat proses bisnis tetapi juga melakukan evaluasi mengenai seberapa baik mereka mencapai tujuan tur ini, seperti memahami prinsip-prinsip akuntansi yang diterapkan dalam bisnis. Tujuan dari KKP ini adalah untuk memastikan bahwa mahasiswa dapat menerapkan pengetahuan akuntansinya dalam konteks kehidupan nyata. Setelah kunjungan, mereka dievaluasi pemahaman dan kemampuannya dalam menerapkan konsep akuntansi. Mahasiswa juga mempunyai kesempatan untuk berdiskusi tentang pengalaman pribadi dan merefleksikan bagaimana KKP ini membantu mereka memahami praktik bisnis dan akuntansi.

Kuliah Kunjungan Perusahaan ke PT Victoria Care Indonesia Semarang merupakan contoh nyata dari bagaimana ajaran Tamansiswa Trikon dapat diimplementasikan dalam pendidikan tinggi. Kunjungan Perusahaan ini mengukuhkan ajaran Tamansiswa “Trikon” dalam konteks dunia bisnis. Mahasiswa Akuntansi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa tidak hanya mendapatkan pengetahuan yang lebih dalam tentang praktik akuntansi dalam operasi bisnis, tetapi juga memperluas wawasan mereka tentang industri kesehatann kecantikan. Hal ini tidak hanya memperkaya pendidikan mahasiswa, tetapi juga mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan di dunia profesional.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *