Gaya Hidup Sehat: Poltekkes Kemenkes Bengkulu Edukasi Masyarakat Tentang Minyak Goreng Berkualitas

JurnalPost.com – Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan (Poltekkes Kemenkes) Bengkulu mengambil langkah proaktif untuk mempromosikan gaya hidup sehat di kalangan masyarakat Desa Panca Mukti, kecamatan Pondok Kelapa, Kabupaten Bengkulu Tengah. Dalam upaya ini, fokus utama diberikan pada edukasi mengenai pemilihan minyak goreng yang tepat sebagai langkah pencegahan penyakit tidak menular (PTM).

Program pemberdayaan masyarakat ini menjadi wujud nyata dari komitmen Poltekkes Kemenkes Bengkulu dalam menciptakan lingkungan yang mendukung kesehatan masyarakat. Para ahli gizi dari institusi ini memberikan peringatan mengenai risiko kesehatan yang dapat timbul dari kebiasaan menggunakan minyak jelantah atau minyak goreng yang sudah teroksidasi. Program ini bertujuan untuk menciptakan kesadaran akan bahaya tersebut dan mengajak masyarakat untuk memahami visual perubahan warna minyak goreng sebagai indikator kualitas.

Dalam sesi edukasi, masyarakat diajarkan untuk memilih dan mengonsumsi minyak goreng secara bijak, mendukung gaya hidup sehat dan pencegahan PTM. Risda Yulianti, M.Sc, seorang dosen dari jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Bengkulu, menegaskan bahwa pendidikan adalah langkah efektif dalam pencegahan penyakit. Menurutnya, upaya ini menjadi bagian dari program pengabdian masyarakat, menandai komitmen institusi tersebut dalam menciptakan masyarakat yang sehat dan sadar akan kesehatan melalui edukasi yang berkelanjutan.

Program ini tidak hanya memberikan informasi tentang keberlanjutan penggunaan minyak goreng yang tepat, tetapi juga menciptakan dampak positif dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat. Dengan membentuk Bank Minyak Jelantah, Poltekkes Kemenkes Bengkulu memberikan peluang bagi masyarakat untuk menukarkan minyak jelantah yang dihasilkan dengan uang. Proses ini tidak hanya menciptakan ekonomi lokal, tetapi juga mengurangi dampak lingkungan dari limbah minyak jelantah.

Dwi Agus Wiratmo, Lurah Panca Mukti, menyambut baik inisiatif ini dan berharap bahwa kegiatan edukasi semacam ini dapat menjadi model bagi masyarakat di seluruh Indonesia. Ia menilai bahwa program ini tidak hanya memberdayakan secara ekonomi, tetapi juga memberikan kontribusi positif dalam menciptakan lingkungan yang lebih sehat.

Keseluruhan program pemberdayaan masyarakat ini menandai langkah progresif Poltekkes Kemenkes Bengkulu dalam menciptakan perubahan positif di masyarakat. Dengan melibatkan aspek edukasi, ekonomi sirkular, dan kesehatan, institusi ini memberikan contoh bagi institusi pendidikan lainnya untuk turut serta aktif dalam mendukung upaya pencegahan penyakit dan menciptakan masyarakat yang lebih sehat dan berkelanjutan.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *