Hebat! Mahasiswa Studi Independent UMSIDA Ciptakan Aplikasi Inovatif untuk Donasi Lazismu Sidoarjo

JurnalPost.com – Sekelompok Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) yang beranggotakan 7 mahasiswa telah mengikuti Program ISS MBKM studi proyek independent UMSIDA di mitra Lazismu Sidoarjo. Program ini diikuti oleh beberapa Prodi yakni prodi Administrasi Publik, Informatika dan Manajemen.

Program ini berguna untuk mewujudkan gagasan mahasiswa dalam mengembangkan produk Inovatif dan menyelenggarakan pendidikan berbasis riset dan pengembangan. Studi Independent merupakan suatu kegiatan pembelajaran yang mengakomodasi para siswa yang memiliki keinginan dalam hal menciptakan suatu ide-ide yang bersifat inovatif. Kegiatan Studi Independent yang diadakan oleh Universitas Muhammadiyah Sidoarjo dilaksanakan dalam bentuk kerja kelompok yang terdiri dari 7 mahasiswa.

Mereka telah menciptakan sebuah aplikasi yang bernama ” Silasiz” (Sistem Informasi Lembaga, Amil, Zakat Infaq Dan Sedekah). Pengerjaan ini dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan dalam menyediakan sarana informasi di Lazismu Sidoarjo terhadap para donatur dan calon donatur. Mengingat saat ini masih belum adanya portal informasi bagi para donatur dan calon donatur terkait program donasi di Lazismu, sekaligus belum adanya sistem pengingat bagi setiap donatur dalam melakukan donasi.

Sebagaimana diketahui bahwasannya Lazismu merupakan suatu lembaga yang didirikan dengan memiliki tujuan untuk pemberdayaan masyarakat melalui pentasyarufan secara produktif dari dana zakat, infak, sedekah dan dana kedermawanan lainnya baik dari perorangan, lembaga, perusahaan maupun instansi lainnya yang kemudian akan dimanfaatkan pada program-program Lazismu yaitu pendidikan, ekonomi, sosial kemanusiaan, kesehatan dan dakwah.

“Dengan adanya program yang kami jalankan yaitu pembuatan aplikasi Silasiz, harapan saya kedepan nya aplikasi ini bisa bermanfaat untuk para donatur dan calon donatur dikarenakan di era digitalisasi saat ini mereka bukan hanya menggunakan aplikasi untuk donatur saja melainkan mereka juga dapat mengetahui informasi serta kegiatan yang telah dilaksanakan oleh para anggota Lazismu Sidoarjo,” Ujar Ketua kelompok Studi independent UMSIDA.

“Saya sebagai ketua Lazismu Sidoarjo mengucapkan terimakasih kepada para anggota Program ISS MBKM studi proyek independent UMSIDA, dikarenakan adanya aplikasi ini kami sangat terbantu terutama dalam mewujudkan pelayanan bagi donatur secara digital sehingga meningkatkan aksesibilitas informasi, transparasi penggunaan dan kemudahan dalam melakukan donasi online,” Ujar bapak Hifni selaku ketua Lazismu Sidoarjo.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *