Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNISRI Melaksanakan Kegiatan Pengabdian Masyarakat di Desa Jangglengan, Sukoharjo

Sukoharjo, JurnalPost.com – Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Slamet Riyadi Surakarta dengan bangga mengumumkan pelaksanaan kegiatan Pengabdian Masyarakat di Desa Jangglengan pada tanggal 13 Januari 2024. Pengabdian Masyarakat tahun ini bertajuk PADIGMAKOM, yaitu singkatan dari Paham Digital Bersama Himakom. Kegiatan ini juga mengusung tema “Pengembangan Desa Wisata Melalui Komunikasi Digital”. Kegiatan ini merupakan upaya nyata untuk berkontribusi dalam memajukan masyarakat di daerah tersebut.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dengan tujuan utama untuk memberikan manfaat serta membangun kemitraan yang erat dengan masyarakat Desa Jangglengan, Sukoharjo. Kehadiran mahasiswa Ilmu Komunikasi diharapkan dapat memberikan peran aktif dalam memecahkan berbagai permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat, serta memberikan edukasi dan pelatihan yang berguna untuk pengembangan potensi masyarakat setempat. Pada Pengabdian Masyarakat ini terdapat beberapa kegiatan dan pelatihan seperti pelatihan public speaking, pelatihan tata kelola media sosial dan copywriting, serta pelatihan fotografi dan sinematografi.

Pada pelatihan public speaking, mahasiswa Ilmu Komunikasi memberikan pelatihan komunikasi yang efektif kepada masyarakat Desa Jangglengan. Pelatihan ini bertujuan agar masyarakat dapat berkomunikasi dengan lebih baik dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam lingkungan keluarga maupun di luar lingkungan sosial serta dalam upaya pengembangan pemasaran desa wisata Jangglengan.

Mahasiswa Ilmu Komunikasi membantu masyarakat Desa Jangglengan membuat rencana komunikasi untuk mengembangkan potensi desa dan mempromosikan produk-produk unggulan yang dimiliki oleh masyarakat setempat. Kemudian pada materi tata kelola media sosial, mahasiswa Ilmu Komunikasi membantu masyarakat dalam pembuatan materi promosi, seperti poster, brosur, dan konten media sosial. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan branding dan visibilitas produk-produk lokal dan juga wisata yang ada di Desa Jangglengan. Selain itu, mahasiswa juga memberikan pelatihan kepada masyarakat mengenai keterampilan digital, termasuk penggunaan media sosial dan pemasaran online. Diharapkan melalui pelatihan ini, masyarakat dapat memperluas jangkauan pasarnya melalui penggunaan teknologi digital. “Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi warga Desa Jangglengan. Selain itu kami juga dapat belajar dari apa yang disampaikan oleh adik-adik Himakom Unisri.” Ujar Suratno, selaku perwakilan Desa Jangglengan yang menjabat sebagai Kasi Kesa Desa Jangglengan, Sukoharjo.

Kegiatan lain yang dilaksanakan oleh teman-teman Himakom Unisri juga melakukan visit wisata ke berbagai tempat yang ada di Desa Jangglengan, Sukoharjo menggunakan jeep. Selain itu, Himakom Unisri juga menggandeng Duta Wisata Sukoharjo yaitu Saudara Muhammad Hamas Yasin Basayev dan Saudari Aisyah Chustiya Cahyaningsih. Duta Wisata Sukoharjo memberikan beberapa insight baru terkait dengan pengelolaan dan pemasaran desa wisata yang efektif kepada masyarakat Desa Jangglengan.

Seluruh kegiatan ini dijalankan dengan kolaborasi aktif antara mahasiswa dan masyarakat Desa Jangglengan. Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan dampak positif yang signifikan dalam pengembangan dan kemajuan masyarakat setempat. “Kami berharap kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat Desa Jangglengan dan memperkuat kerjasama antara mahasiswa dengan masyarakat. Dalam upaya membangun masyarakat yang mampu berkomunikasi dengan baik dan memasarkan produk-produk lokal, kami berkomitmen untuk terus membantu dan mendukung pengembangan potensi masyarakat.”, ucap Asmanggala Habibi selaku Ketua Pelaksana.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini merupakan salah satu bentuk komitmen Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Slamet Riyadi Surakarta dalam memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat dan melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Diharapkan kegiatan serupa dapat terus dilakukan untuk mempromosikan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat di berbagai daerah.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *