Inovasi Mendidik: Guru Madrasah Aliyah Laboratorium Jambi dalam Terlibat Aktif Workshop Penelitian Tindakan Kelas

Penulis: Suci Fitriani, M.Sc.Ed

Jambi, JurnalPost.com – Guru-guru Madrasah Aliyah Laboratorium Jambi mengikuti dengan antusias workshop Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang diselenggarakan oleh Pusat Kajian Kurikulum Pengembangan Pengajaran dan Pembelajaran Univesitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi pada Selasa, tanggal 26 September 2023. Acara ini diadakan untuk meningkatkan keterampilan dan pemahaman mereka dalam menerapkan metode penelitian tindakan kelas dalam pengajaran.

Kegiatan workshop ini diadakan di MA Laboratorium Jambi dihadiri oleh lebih dari 30 guru. Guru-Guru peserta workshop merupakan gabungan dari beberapa guru PNS dan Non PNS yang bekerja di MA Laboratorium, membawa semangat dan semarak dalam memajukan kualitas pendidikan di madrasah aliyah.
Workshop dimulai dengan sambutan hangat dari Kepala Madsarah Aliyah Laboratorium, Bapak Dr. Hurmaini, M.Pd., yang menyampaikan harapannya agar kegiatan ini dapat memberikan wawasan baru dan peningkatan kemampuan guru dalam melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas.

“Kami berharap para guru dapat menerapkan ilmu dan pengalaman yang mereka peroleh dari workshop ini dalam melaksanakan kegiatan belajar-mengajar di Madrasah Aliyah Laboratorium. Tujuannya adalah untuk mencapai pendidikan yang lebih baik dan berkualitas,” sambutan dari Bapak Kepala Madsarah.

Selanjutnya, kegiatan ini dibuka oleh ketua Pusat Kajian Kurikulum Pengembangan Pengajaran dan Pembelajaran UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Dr. M. Taridi, M.Pd., yang menjelaskan secara singkat tujuan dan manfaat dari kegiatan workshop ini.

“Workshop Penelitian Tindakan Kelas ini merupakan berkah yang perlu dimanfaatkan bagi bapak-ibu di Madrasah Aliyah Laboratorium Jambi, selain penjelasan mengenai penelitian tindakan kelas, bapak-ibu juga diajarkan bagaimana step by step penyusunan laporan penelitian tindakan kelas sekaligus bagaimana menghasilkan artikel PTK yang dapat dipublish di jurnal-jurnal nasional maupun internasional”, terang Kepala Pusat Kajian Kurikulum sembari membuka kegiatan workshop.

Acara ini diisi oleh narasumber yang merupakan staff Pusat Kajian Kurikulum, Ibu Suci Fitriani, S.Pd., M.Sc.Ed.,. Narasumber pada workshop ini juga merupakan dosen pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Narasumber membagikan pengalaman serta kiat-kiat sukses dalam menjalankan Penelitian Tindakan Kelas yang efektif dan bermanfaat.

Workshop ini merupakan rangkaian kegiatan yang diawali dengan penjelasan singkat tentang tujuan dan manfaat PTK, dilanjutkan dengan tutorial penulisan yang diawali dengan mencari masalah yang ada di dalam kelas serta memberikan opsi solusi yang bisa diberikan sehingga membentuk judul penelitian tindakan kelas.

Selama pelatihan, peserta workshop terlibat sangat aktif dalam sesi diskusi kelompok, dan simulasi penelitian tindakan kelas. Pada sesi selanjutnya, peserta workshop diajarkan secara step-by-step bagaimana menulis latar belakang hingga penutup yang berisi kesimpulan dan saran. Peserta juga diajak diskusi mengenai judul-judul penelitian tindakan kelas yang sudah atau sedang mereka kerjakan, sehingga dapat diberikan masukan agar laporan PTK akan lebih sempurna. Mereka diberikan kesempatan untuk merancang dan merumuskan penelitian tindakan kelas berbasis kebutuhan dan konteks masing-masing mata pelajaran.

Worskhop ini juga memberikan informasi kepada peserta bagaimana melakukan kutipan yang baik dalam penulisan laporan ataupun artikel PTK. Peserta dikenalkan dengan aplikasi Mendeley Reference agar memudahkan peserta dalam mengutip teori atau pendapat ahli. Walaupun cukup membingungkan, peserta tetap antusias dan aktif bertanya dalam tutorial pembuatan akun Mendeley dan membubuhkan artikel ke dalam aplikasi Mendeley.

Pada tahapan akhir, peserta diajarkan bagaimana membuat akun pada jurnal-jurnal nasional yang menaungi artikel-artikel penelitian tindakan kelas. Selanjutntya, Peserta diajarkan bagaimana membuat akun serta mengunduh template artikel jurnal yang dituju.

Para peserta merasa sangat terbantu dengan adanya workshop ini, karena mereka dapat mendapatkan panduan praktis dan mendalam tentang bagaimana melakukan penelitian tindakan kelas secara efektif. Mereka berkomitmen untuk mengaplikasikan pengetahuan baru ini demi peningkatan mutu pendidikan di madrasah aliyah.

Kesuksesan workshop Penelitian Tindakan Kelas ini menunjukkan semangat serta tekad para guru di Madrasah Aliyah Laboratorium Jambi untuk terus meningkatkan diri dalam hal pendidikan. Harapannya, upaya ini akan berdampak positif pada perkembangan pendidikan di Indonesia, khususnya di tingkat madrasah aliyah.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *