Keajaiban Alam Geopark Silokek yang Mempesona

Sumber: Wisata Taman Bumi Silokek (Wulansari, 2022)

JurnalPost.com – Geopark Silokek di Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat merupakan tujuan wisata dengan potensi alam, budaya, dan kuliner yang kaya. Kawasan Geopark Silokek mencakup Kenagarian Muaro, Silokek, dan Durian Gadang, dengan luas sekitar 130.000 hektar. Kawasan ini termasuk hutan lindung, hutan produksi, hutan produksi terbatas, kawasan suaka alam/pelestarian alam, dan hutan produksi konversi.(Ayunda et al., 2023)

Pada 20 Juni 2023 dikutip dalam channel youtube Kominfo Sijunjung (2023), Silokek ditetapkan sebagai Geopark Nasional dengan harapan menjadi UNESCO Global Geopark. Sekarang, Pemerintah Kabupaten Sijunjung sangat berkomitmen menjalankan program terintegrasi dan berkolaborasi dengan semua pihak untuk mewujudkan Arah Kebijakan Pembangunan Kabupaten Sijunjung 2022-2026.

Program ini mengusung konsep “Integrasi Geopark Ranah Minang Silokek Secara Lintas Sektoral dan Wilayah Dalam Mewujudkan Masyarakat Yang Sejahtera dan Berkeadilan.” Pemilihan tema pembangunan ini didasari oleh tekad untuk mendukung perjalanan Geopark Nasional Silokek menuju status UNESCO Global Geopark, sebuah prestasi yang menjadi tujuan utama.
Bupati Benny Dwifa menekankan bahwa program ini tidak hanya akan berkontribusi pada pelestarian warisan alam dan budaya Kabupaten Sijunjung, tetapi juga akan memiliki efek positif terhadap perekonomian penduduk setempat. “Tentunya secara tidak langsung akan mendorong peningkatan perekonomian masyarakat di Kabupaten Sijunjung melalui Kunjungan Wisatawan, meningkatnya jasa transportasi, akomodasi, dan berbagai kegiatan penelitian dari berbagai perguruan tinggi serta seminar,” ungkapnya.

Silokek sendiri merupakan desa perbukitan dengan ketinggian sekitar 200 meter di atas permukaan laut dan suhu rata-rata sekitar 23-24 derajat Celsius. Desa ini memiliki luas sekitar 1.918 hektar dan mayoritas penduduknya bermata pencaharian pertanian. Geopark Silokek mencakup area seluas 130.000 hektar dan terletak di dua Kecamatan, yaitu Sumpur Kudus dan Sijunjung, Kabupaten Sijunjung. Kawasan ini memiliki 25 situs geologi unik, 12 situs hayati, dan 17 situs budaya. Flora dan fauna yang beragam dapat ditemukan di sini, termasuk bunga rafflesia raksasa, bunga bangkai raksasa, harimau Sumatra, binturong, burung enggang, kucing hutan, dan lainnya. Geopark Silokek memiliki pemandangan alam yang menakjubkan yang terbentuk selama jutaan tahun oleh proses geologi. Batuan yang unik dan luar biasa serta situs-situs alam yang mempesona membuatnya menjadi destinasi yang cocok bagi pecinta geologi dan wisata alam.(Eryadi, 2023)

Meskipun Silokek memiliki pesona wisata yang luar biasa, termasuk pemandangan alam yang menakjubkan, atraksi wisata yang menarik, dan kuliner yang lezat, tampaknya daya tarik ini belum sepenuhnya mampu menarik perhatian wisatawan. Hal ini tercermin dari kenyataan bahwa sebagian besar pengunjung yang datang masih terbatas pada kalangan wisatawan lokal. Selain menawarkan keindahan alam yang memukau, terdapat juga atraksi wisata seperti arum jeram dan panjat tebing yang menjadi daya tarik utama destinasi ini.(Rahmat et al., 2023)
Selain itu, Geopark Silokek juga terkenal sebagai tempat bagi beragam lokasi geologi dan arkeologi yang menarik, yang memiliki potensi menjadi daya tarik utama bagi pengunjung baik dari dalam negeri maupun mancanegara. Program integrasi ini akan memfasilitasi kerja sama semua pihak yang terlibat untuk menjaga dan mengiklankan kekayaan alam serta budaya yang dimiliki oleh Kabupaten Sijunjung.

Dengan tekad kuat dan kerja sama yang erat, Kabupaten Sijunjung berharap dapat mencapai status Unesco Global Geopark untuk Ranah Minang Silokek dan pada saat yang sama mendorong perkembangan ekonomi daerah menjadi lebih baik. Program ini akan terus menjadi fokus utama pemerintah daerah dalam beberapa tahun mendatang.

Penulis : Ariq Rasyid
Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Andalas (Angkatan 2021)

Referensi
Eryadi, P. S. (2023). Geopark Silokek, Taman Bumi Rasa Swiss. https://www.gentaandalas.com/geopark-silokek-taman-bumi-rasa-swiss/
Novina Shalwaa Ayunda, Defri Yoza, & Nurul Qomar. (2023). Penilaian Kelayakan Potensi Objek Dan Daya Tarik Wisata Alam Geopark Silokek Kabupaten Sijunjung Sumatera Barat. Wahana Forestra: Jurnal Kehutanan, 18(1), 1–13. https://doi.org/10.31849/forestra.v18i1.11884
Rahmat, A. F., Fitri, M., Fauziah, R., & Andria, S. (2023). Travel Photography Sebagai Media Promosi Desa Wisata Silokek. 2(1).
Sijunjung, K. (2023). Pembangunan Geopark Nasional Ranah Minang Silokek menuju Unesco Global Geopark,. https://www.youtube .com/watch?v=bRIDN3ocJB0
Wulansari, R. . (2022). Wisata Taman Bumi Silokek, Lembah Tersembuyi di Sumatera Barat. https://bogordaily.net/2022/04/wisata-taman-bumi-silokek-lembah-tersembuyi-di-sumatera-barat/

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *