Kolaborasi Kreatif Insan Bumi Mandiri dan Highscope TB Simatupang Salurkan 201 Sepatu untuk Siswa Pedalaman

Siswa SD Negeri Folangkai, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur, menerima 101 pasang sepatu sekolah pada 2 Desember 2023

Bandung, JurnalPost.com, 6 Desember 2023 – Melalui Yayasan Insan Bumi Mandiri, siswa Highscope TB Simatupang telah menyalurkan 201 pasang sepatu ke dua sekolah di pedalaman Nusa Tenggara Timur (NTT). 101 sepatu telah sampai ke SD Negeri Folangkai di Kabupaten Alor, dan 100 sepatu lainnya sedang dalam perjalanan menuju SD Negeri Inpres Mbay, Kabupaten Nagekeo.

Penyaluran sepatu ini merupakan hasil kolaborasi antara siswa-siswi Highscope TB Simatupang, yang telah mengekspresikan kreativitas mereka dalam bentuk karya seni. Karya-karya ini kemudian dijual, dan semua hasilnya didonasikan untuk membeli sepatu bagi anak-anak di wilayah pedalaman NTT.

Siswa-siswi SD Negeri Folangkai, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur, menerima 101 pasang sepatu sekolah pada 2 Desember 2023.

Luluq Baraqbah, guru seni rupa Highscope TB Simatupang sekaligus penggagas projek ini, menyampaikan, “Siswa-siswi kami hidup dalam privilege dan kenyamanan finansial. Terlibatnya mereka dalam isu-isu kemiskinan di negeri ini tentu akan memberi dampak positif bagi mereka, calon pemimpin bangsa. Selain berhasil menanamkan empati dan kepekaan sosial, proyek ini memberi dampak positif pada perkembangan psikologis mereka. Proyek ini telah mengajarkan mereka bahwa kebahagiaan justru datang saat “memberi” bukan “menerima”.

Luluq menyebut bahwa, integrasi pelajaran seni dan isu kemanusiaan, adalah proyek yang senantiasa ia hadirkan setiap tahunnya. Pada 2019, bersama murid-muridnya, lelang lukisan para siswa dilakukan sebagai wujud kepedulian pada penambang belerang di Kawah Ijen. Pada tahun 2020, Pameran Lukisan Virtual dilaksanakan agar siswa mampu menyuarakan perasaan mereka di tengah sulitnya situasi akibat COVID-19, khususnya dalam hal kesehatan mental para siswa saat itu.

Sebelum hari penyaluran tiba, Astridiani Tantiyoko, guru seni rupa yang juga terlibat dalam project donasi sepatu ini, mendorong anak-anak Highscope TB Simatupang untuk menulis surat yang berisi harapan kepada teman-teman sebaya di pedalaman. Melalui kata-kata hangat, mereka berbagi cerita tentang karya seni mereka dan memberikan semangat menuntut ilmu kepada para penerima sepatu baru.

Siswa SMP di Kecamatan Nagekeo, Nusa Tenggara Timur menerima karya seni dari siswa-siswi Highscope TB Simatupang pada 31 Juli 2023.

Nofanrius, seorang siswa SDN Folangkai yang menjadi inspirasi awal program ini, menyambut kebahagiaan dengan senyum ceria. “Terima kasih banyak Kakak-kakak! Sekarang kami bisa berangkat ke sekolah pakai sepatu baru,” ujarnya dengan gembira.

Program penyaluran alat sekolah ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah dan komunitas lainnya untuk turut serta berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan anak-anak di daerah pedalaman Indonesia. Insan Bumi Mandiri juga mengajak para pihak, baik individu, perusahaan, atau lembaga, untuk bergabung dalam program serupa dan mendukung penyaluran fasilitas pendidikan lainnya.
Insan Bumi Mandiri berfokus membantu daerah pedalaman Indonesia dengan visi meningkatkan akses kesehatan, pendidikan, dan ekonomi lokal. Melalui misi pemberdayaan warga pedalaman, peningkatan kapasitas pendidikan, kerjasama dalam kesehatan, dan pemenuhan hak air bersih, lembaga ini berkomitmen menciptakan perubahan positif dan berkelanjutan di wilayah pedalaman.

Informasi lebih lanjut mengenai program pembangunan masyarakat pedalaman lainnya dapat diakses melalui website www.insanbumimandiri.org atau Instagram @insanbumimandiri.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *