Magang Di Media Cetak Harian Bhirawa, Mahasiswa Untag berani terjun langsung menjadi jurnalis

Penulis: Dewanda Ari Annastasya

JurnalPost.com – Program magang menjadi syarat pembelajaran wajib yang harus di lalui oleh Mahasiswa, Khususnya Mahasiswa 17 Agustus 1945 Surabaya. Dimana magang di nilai menjadi kegiatan praktik secara langsung untuk bekal Mahasiswa nantinya terjun ke dunia kerja. Selama proses Magang, Mahasiswa dipastikan memiliki pendamping yang berpengelaman untuk memberi ilmu serta menjadi pengawas dalam melaksanakan tugas yang di beri Instansi.

Media cetak Harian Bhirawa menjadi instansi sah yang bekerja sama dalam masa periode 14 Oktober 2021 – 14 Oktober 2026. Dimana media cetak tersebut masih tegak berdiri untuk tetap memberikan informasi secara offline dalam bentuk cetak Koran dan online yang dimuat pada medsos serta web Harian Bhirawa pribadi. Pembina lapangan di Harian Bhirawa sepakat untuk memberi peluang serta ilmu sebanyak-banyaknya yang nanti di dapatkan oleh para mahasiswa magang khususnya dalam unsur jurnalis dan media sosisal.

Hal itu telah di rasakan oleh salah satu Mahasiswi Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Untag Surabaya bernama Dewanda Ari Annastasya. Berbekal pengalaman ilmu dari Pembina dan tekad berani yang dimiliki wanita berambut panjang ini, mampu secara langsung untuk terjun lapangan bekerja sebagai jurnalis. Dari meliput peristiwa, melakukan wawancara dengan orang yang berkaitan pada event, serta dibutuhkan kemampuan menulis dan mengedit berita dalam bentuk video. Hal tersebut kebanyakan di lakukan oleh individu masing-masing yang magang di Harian Bhirawa.

Mahasiswa Untag

Event Porprov Jatim 2023 menjadi target awal Pembina mempercayakan tugas liputan terhadap Dewanda, mengapa tidak karena kurangnya wartawan Harian Bhirawa di Kota dimana diadakan event tersebut, Kota Mojokerto. Kota Mojokerto pada saat itu menjadi salah satu ajang event Porprov 2023. Selain berbekal tekad keberanian, ilmu dasar dari Pembina, Hal yang menjadi pelengkap di lapangan adalah Handphone. Mulai mengambil spot-spot yang dirasa dapat menunjang hasil pembentukan video berita, nantinya akan di cek terlebih dahulu oleh Pembina kemudian jika dirasa pas akan di unggah pada akun Youtube Harian Bhirawa yaitu Bhirawa TV. Juga dibutuhkan keberanian untuk mewawancarai para petinggi pada event yang diselenggarakan.

Dikarenakan di rasa kinerja bagus dan mampu disiplin dalam bekerja akhirnya mendapatkan kepercayaan untuk meliput kembali di beberapa event seperti event badminton Xpora Surabaya 2023, event badminton BNI Indonesia master 2023 Surabaya, PressConference Schneider Eletric Indonesia, serta event Mojosuro 2023 gerak jalan Mojokerto-Surabaya.

Selama magang Pembina sepakat untuk memberi kesempatan pada mahasiswa magang untuk ikut event-event besar khususnya yang ada di Surabaya. Menurut wanita yang berkulit sawo matang ini, Jika bukan karena kepercayaan yang diberikan pembina kepada anak magang mungkin tidak akan memiliki pengalaman seperti tersebut, tentu yang berkesan bertemu orang baru serta berpengalaman menjadi pencapaian tersendiri yang di dapatkan. Dewanda berharap setidaknya selama kami para Mahasiswa magang UNTAG Surabaya dapat memberikan efek dan perkembangan yang bagus bagi Harian Bhirawa.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *