Mahasiswa KKNT IPB University Gelar Mini Bazar UMKM di Desa Ciherang

Gambar 1. Kelompok KKNT IPB University Bogor Kab.09

JurnalPost.com – Mahasiswa IPB University peserta Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) menyelenggarakan kegiatan Mini Bazar UMKM Desa Ciherang, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor. Kegiatan ini dilaksanakan pada Minggu (21/1/2024) pukul 7 hingga 10 pagi di depan kantor pemasaran Perumahan Bumi Kartika Dramaga Raya. Mini bazar merupakan salah satu program kerja KKN yang bertujuan memberdayakan UMKM lokal dan mempromosikan produk mereka, khususnya makanan dan minuman. Selain bazar sebagai acara utama, mahasiswa IPB juga menggelar sejumlah acara menarik lainnya seperti senam pagi, lomba untuk anak-anak, dan hiburan musik.

Gambar 2. Dokumentasi Kegiatan Bazar (UMKM nasi ayam suwir)

Kegiatan Mini Bazar UMKM diikuti oleh 5 pelaku UMKM berbasis home industry yang tersebar di berbagai RW Desa Ciherang. Salah satu jenis produk yang ditawarkan adalah aneka jenis makanan ringan olahan tempe dan singkong, seperti keripik tempe, kecimpring, dan kerupuk poco-poco. Disediakan pula produk makanan dan jajanan populer seperti nasi ayam suwir, bakso ikan Bandung, sempol, dan sambal goreng bawang. Selain produk makanan, salah satu pelaku UMKM yang hadir juga membawa produk minumannya yang meliputi aneka jus buah dan milkshake.

Gambar 3. Dokumentasi Kegiatan Senam

Selain menyelenggarakan bazar bagi UMKM, diadakan pula sejumlah kegiatan sampingan menarik seperti senam dan games. Kegiatan senam dimulai pukul 7 pagi dan berlangsung selama 1 jam, dipandu oleh seorang instruktur senam berpengalaman dari kader PKK Desa Ciherang. Tertariknya masyarakat yang tengah berolahraga di sekitar Perumahan Bumi Kartika untuk bergabung dalam sesi senam memberikan daya tarik tanbah bagi bazar UMKM. Kegiatan ini berhasil menarik pengunjung untuk meramaikan kegiatan mini bazar yang sedang diselenggarakan.

Gambar 4. Dokumentasi Kegiatan Games

Setelah kegiatan senam berakhir pada pukul 8 pagi, diadakan serangkaian games untuk membantu memeriahkan acara. Beberapa games yang diadakan antara lain injak balon, tebak gambar, dan rebutan kursi yang diselenggarakan khusus bagi kalangan anak-anak. Terdapat juga sejumlah hadiah menarik yang sudah disiapkan bagi para pemenang dalam setiap games-nya, salah satunya adalah voucher belanja. Voucher tersebut dapat ditukarkan dengan produk di stan UMKM yang berpartisipasi di bazar. Dengan adanya hadiah memacu semangat anak-anak untuk mengikuti games dan memeriahkan kegiatan mini bazar hingga akhir acara.

Mini Bazar UMKM yang digelar oleh mahasiswa KKN IPB University mendapatkan respons positif dari warga dan pelaku UMKM yang hadir. Dengan banyaknya warga yang datang dan berbelanja, kegiatan ini berhasil meningkatkan penjualan dan memperkenalkan produk – produk pelaku UMKM ke pasar yang lebih luas. Salah satu pelaku UMKM yang hadir mengaku tidak menyangka bahwa produknya akan terbeli habis dan menyesal tidak membawa lebih banyak ke lokasi bazar. Sebagian pelaku UMKM lainnya juga mengungkapkan harapan mereka agar kegiatan bazar bisa diselenggarakan lebih sering lagi.

“Tadinya memang gak mengira bakal seramai itu di wilayah ini. Kalau tahu bakal begini tadi saya sekalian buat lebih banyak. Tapi kalau pulang untuk masak lagi sekarang takutnya waktu balik ke sini sudah sepi” ucap Bu Lina, pelaku UMKM yang berjualan nasi ayam suwir. Pak Nazar, pelaku UMKM yang berjualan minuman jus dan milkshake, juga menyampaikan harapannya, “Harapan saya sih kegiatan ini bisa terus berlanjut dan rutin dilakukan tiap Minggu, atau minimal 2 minggu sekali lah. Karena memang lokasinya strategis, banyak anak-anak dan orang yang olahraga, jadi asalkan tidak hujan bisa jalan terus bazarnya”.

Penulis: Muhammad Rafif Baihaqi
IPB University

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *