Melatih Skill Berbisnis, Mahasiswa Management Universitas Muhammadiyah Gresik Adakan Bazar Sebagai Syarat Kelulusan UAS

JurnalPost.com – Program Studi Management Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG) menggelar kegiatan Businees Plan Competition (Bazar), pada hari Rabu (03/01/2024). Program bazar memiliki sebutan unik yakni ICE MANAGEMENT 2024, yang disebut dengan Indie Creative Management.

Kegiatan bazar bertempat di Lapangan Utama Universitas Muhammadiyah Gresik, bertemakan “Menumbuhkan Semangat Enterpreneur Muda yang Inovatif Terhadap Kompetisi Global” dan dihadiri sekaligus dibuka oleh Rektor UMG Ibu Nadhirotul Laily, S.Psi., M.Psi., Ph.D, Psikolog Kaprodi Management Ibu Elok Vilantika, S.E., M.M. dan Dekan Fakultas Management Ekonomi dan Bisnis.

Dalam sambutan pembukaan Ibu Rektor mengatakan, “Kegiatan ini mengajarkan kepada para mahasiswa bagaimana berdagang yang baik di lapangan. Sebagaimana teori yang telah diajarkan dimata kuliah harus dipraktikkan. Jadi bukan sekedar mengetahui teori saja, tetapi diharapkan punya inovasi dalam rangka mendekat pada budaya entrepreneur,” ujarnya.

Mahasiswa management UMG, Siti Fatimatul Anisah, menjelaskan sasaran kegiatan bazar bukan hanya mahasiswa management saja melainkan juga untuk seluruh mahasiswa UMG, dosen, dan para staf. Kegiatan bazar dibuka untuk umum sehingga masyarakat luar bisa membeli produk-produk yang dijual, namun kekuranganya informasi kegiatan bazar tidak disebar luaskan, sehingga masyarakat luar tidak tau dan enggan untuk menghadiri kegiatan bazar yang diadakan mahasiswa management.

Terdapat kurang lebih 22 stan yang tersedia dalam kegiatan bazar, mahasiswa menjual beragam produk mulai dari makanan, minuman, aksesoris, baju, tas, dan lain sebagainya. Program ini berjalan tidak ada kerja sama antar sponsorship luar, melainkan inisiatif mahasiswa menggunakan uang kas kelas masing-masing.

“Tujuan dari kegiatan Ice Management 2024 yaitu sebagai syarat kelulusan Ujian Akhir Semester (UAS), dan secara tidak langsung para dosen ingin melatih mahasiswa cara berkreasi bisnis, karena dengan itu mahasiswa bisa mempraktikkan kreasi bisnis yang selama 1 semester ini telah dipelajari, goals dari kegiatan ini kita bisa mendapatkan ilmu serta pengalaman berbisnis, melatih kekompakkan kelompok. Dan kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun”, ujar Anisah.

Kegiatan positif menghasilkan benih-benih positif, dengan terselenggaranya kegiatan bazar mengajarkan dan memotivasi mahasiswa agar berdaya saing tinggi dalam bisnis global.

Oleh: Dewi Aprilia Prima Susanti

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *