Menggapai Kemenangan, Kisah Inspiratif Dzakia Putri dalam Meraih Kecemerlangan Berintelektual

Oleh : Azqia Aulia Denariansyah Mahasiswi Sekolah Vokasi IPB Univeristy

JurnalPost.com – Putri Hijabfluencer merupakan sebuah ajang dalam mencari bakat dalam dunia modeling untuk para wanita pengguna hijab. Putri Hijabfluencer sendiri berdiri sejak Mei 2015 yang dulunya dikenal dengan nama Putri Hijab. Putri Hijabfluencer sendiri didirikan oleh Lidya Agustin sebagai bentuk komunitas yang tidak memiliki sebuah eskpektasi bahwa ke depannya akan menjadi sebuah wadah yang sangat besar bagi para wanita muslimah untuk menyalurkan ketertarikannya di bidang kontes modeling.

Karena visi dan misi serta tekad yang kuat, lambat laun ajang Putri Hijab ini menjadi modeling muslimah terbesar dan terbaik di Indonesia. Pada tahun 2016-2017 penyebaran informasi Putri Hijab di kabupaten dan kota se-provinsi Lampung mulai terjadi secara signifikan. Berlanjut pada tahun 2018-2019 dilaksanakan Putri Hijab Regional Sumatera dan pada tahun 2020-2022 Putri Hijab mengalami perkembangan yang sangat positif. Hingga saat ini Putri Hijabfluencer sudah ada di 22 provinsi di Indonesia. Terjadinya pergantian nama membuat sedikit perubahan pada makna. Di mana Putri Hijabfluencer sekarang terfokus pada ikon muslimah yang dapat aktif di masyarakat dan media sosial.

Dzakia Putri Darajat atau yang kerap disapa sebagai Kia lahir pada 04 Desember 2003 di Kota Bogor. Keberadaannya tidak hanya menghiasi kalender kelahiran, tetapi juga memberikan warna baru pada kancah kecantikan dan kecerdasan dalam dunia modeling yang telah diikutinya. Saat ini Kia sendiri merupakan seorang mahasiswi di Universitas Terbuka Jurusan Komunikasi dan merupakan seorang pekerja di salah satu restoran ramen terkenal di Kota Bogor. Sebelum mengikuti dan meraih mahkota Putri Hijabfluencer, Kia telah mengukir jejak prestasi melalui pendidikan dan kegiatan sosial. Tidak hanya cantik Kia sendiri diketahui memiliki beberapa prestasi lomba dan aktif dalam mengikuti organisasi di ajang sekolah, yaitu :

Prestasi lomba yang di ikuti pada tahun 2017-2019 :

1. Juara umum musikalisasi puisi tingkat Kota Bogor
2. Juara harapan 2 Lomba melukis
3. Juara 1 umum bergilir tingkat sekolah (Pramuka dan Seni Sastra)
4. Juara 1 lomba menggambar tema Budaya Sehat

Organisasi yang diikuti pada tahun 2018 – 2022 :

1. Sekretaris umum OSIS SMPN 20 Bogor
2. Pinru Pramuka SMPN 20 Bogor
3. Sekretaris Divisi MPK SMAN 3 Bogor
4. Bendahara Paskibraka SMAN 3 Bogor

Hal tersebutlah yang membuat Kia memiliki landasan yang kuat untuk menjadi lebih bersinar dan tampil percaya diri untuk menunjukkan bakat yang dimilikinya dengan mengikuti ajang kontes Putri Hijabfluencer.

Kisah perjalanan Kia di dunia Putri Hijabfluencer dimulai pada tahun 2023. Langkah awal Kia dalam mengikuti dunia modeling dan influencer adalah dengan mengikuti Putri Hijab Academy. Pada saat itu Kia sendiri mengikuti audisi saat Putri Hijabfluencer ini sedang mengadakan road tour di kota-kota besar dan Kia sendiri mengikuti audisi tersebut di daerah Kota Bogor dan langsung dibimbing oleh CEO Putri Hijabfluencer Indonesia yakni Lidya Agustin. Keputusannya untuk mengikuti ajang ini tidak hanya didorong oleh kecantikan fisik, tetapi juga keinginan untuk menjadi perempuan yang membanggakan dengan menggabungkan pesona luar dan dalam.

Inspirasi Kia untuk mengikuti Putri Hijabfluencer karena adanya ketertarikan dirinya pada dunia model dan ingin tau lebih jauh mengenai dunia modeling. Lalu adanya dorongan dari salah satu wanita yang membuat Kia sendiri terinspirasi yakni Linafatin Noer Syakinah. Linafatin sendiri merupakan salah satu pemenang Putri Hijab Jawa Barat Tahun 2022 sekaligus pemenang Putri Hijab Indonesia Tahun 2022. Selain itu karena adanya dukungan dari keluarga, sahabat dan orang terdekat yang membuat Kia dapat terus yakin untuk melaju dan berani untuk mengikuti Putri Hijabfluencer.

Perjalanan Kia tentu saja tidak selalu berjalan mulus. Ia menghadapi berbagai rintangan, seperti bentroknya audisi Putri Hijabfluencer dengan kegiatan lain, dan perizinan orang tua, bahkan rasa bimbang yang dirasakannya sendiri. Yang dimana pada saat itu Kia sendiri sedang sedikit merasakan rasa sedih dan gundah karena harus menghadapi gapyear untuk masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi. Hal tersebut membuat Kia harus dapat lebih cermat lagi dalam me-manage waktu antara belajar dan mempersiapkan banyak hal untuk audisi.

Disatu sisi banyak sekali hal-hal yang membuat Kia sendiri bingung pada dirinya sendiri karena dia sangat yakin tentang 2 hal bertengtangan yang ia ambil saat ini sangat berpotensi untuk pengembangan karakter Kia kedepannya. Akan tetapi dari tantangan dan rintangan ini Kia merasakan bahwa dirinya telah menjadi pribadi yang lebih teliti dan selalu mengambil evaluasi dari kegagalan yang ia dapatkan sebelumnya. Dari kegagalan yang ia dapatkan setahun sebelumnya yang mungkin tidak bisa diceritakan secara detail karena privasi akan tetapi intinya Kia sendiri bisa menjadi seseorang yang lebih percaya diri, belajar dari kesalahan, selalu ingin meng-update diri menjadi lebih baik.

Keberhasilan Kia dalam mengikuti ajang Putri Hijabfluencer bukan hanya sekadar mahkota. Ia meraih 2 penghargaan besar seperti :

1. Masuk sebagai 25 Finalis Top Putri Hijabfluencer
2. Berhasil menjadi top 10 Putri Hijabfluencer

Kia sendiri mengaku banyak sekali mendapatkan hal yang sangat positif untuk dirinya sendiri dalam perkembangan karakter yang ia dapatkan, dimulai dari rasa percaya diri yang semakin kuat, mendapatkan banyak hal positif yang didapat dalam dunia modeling, skill public speaking yang meningkat, relasi yang semakin luas, dan terakhir menjadi lebih dikenal oleh banyak orang.

Kia akan terus berupaya menginspirasi wanita dan para generasi muda dengan segala pencapaiannya, semua perempuan harus saling berpegangan tangan dan mampu untuk berkarya. Kia menegaskan, bahwa setiap wanita mampu mencapai tujuan dan ambisi yang kita inginkan karena ia percaya bahwa kecantikan tidak ada batasnya dan setiap wanita memiliki keelokannya masing-masing. Setiap ada kesempatan apapun itu harus selalu kita perjuangkan dan lebih baik mencoba dari pada tidak sama sekali. Kia yakin setiap usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil.

Kia sendiri berharap agar para wanita diluar sana dapat selalu berusaha, optimis, dan tidak lupa untuk selalu berdoa langkah kehidupan yang akan di ambik. Sebagai seorang perempuan kita harus tetap mengembangkan diri tanpa meninggalkan kodrat. “Kita bisa berprestasi, berkarya, dan berekspresi tanpa ada yang menghalangi.” Hijab bukan penghalang, karena dengan hijab seorang wanita bisa tampil stylish. Sebagai generasi muda apa salahnya untuk selalu mencoba hal baru dan keluar dari zona nyaman, di mana kita bisa lebih mengenal diri kita sendiri lebih jauh lagi dan mengasah skill komunikasi serta memperluas relasi. Disini Kia berbicara bukan hanya sebagai salah satu pemenang kontes kecantikan, melainkan sebagai seorang perempuan teladan yang membawa semangat dan inspirasi kepada banyak orang. Dengan langkah pasti, ia akan terus menapaki perjalanannya sebagai teladan bagi para wanita yang memiliki mimpi besar.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *