Mengungkap Hikmah Larangan Riba: Melangkah Menuju Keuangan Islami Bersama Santri Putri Darul Ilmi

REPORTASE
PROGRAM KERJA MONODISIPLIN 1
KKN TEMATIK LINGKAR KAMPUS UNDIP 2023

Oleh: Zalwa Nurprima

JurnalPost.com – Pada tanggal 8 Desember 2023, Asrama Santri Putri Darul Ilmi Semarang menjadi saksi pelaksanaan acara sosialisasi yang menarik dan bermanfaat. Acara ini merupakan bagian dari program kerja monodisiplin Kuliah Kerja Nyata yang bertujuan mengedukasi para santri mengenai larangan riba atau bunga bank dalam Islam.

Bunga bank telah lama menjadi perdebatan dalam konteks ekonomi Islam, dan pemahaman yang benar terhadap larangan tersebut menjadi kunci untuk mengembangkan sistem keuangan yang lebih adil dan sesuai dengan nilai-nilai Islam.

Sosialisasi dimulai dengan pembahasan mengenai larangan riba atau bunga bank dalam Islam, yang bersumber dari Al-Quran dan Sunah, memberikan pemahaman mendalam mengenai hukum riba dalam ajaran Islam.

Santri Putri diajak untuk lebih memahami dampak negatif dari penggunaan riba atau bunga bank dalam kehidupan sehari-hari. Materi ini mencakup pengurasan ekonomi, ketidaksetaraan sosial, dan dampak psikologis yang mungkin terjadi akibat terjerat dalam sistem keuangan konvensional.

Sebagai solusi positif, acara ini juga memberikan informasi mendetail mengenai bank syariah sebagai alternatif yang sesuai dengan prinsip-prinsip Islam. Keberlangsungan ekonomi yang adil dan berkelanjutan dapat dicapai dengan beralih ke institusi keuangan yang mematuhi hukum Islam.

Para santri terlihat sangat antusias mengikuti acara ini. Tanya jawab yang interaktif menandai keinginan mereka untuk memahami lebih dalam tentang larangan riba dan solusi yang ditawarkan dalam Islam.

Harapannya, setelah informasi mengenai larangan riba atau bunga bank dalam Islam ini tersampaikan, dapatkan pemahaman mendalam tentang larangan riba, tetapi juga diberikan solusi praktis untuk memilih bank syariah sebagai langkah positif dalam pengelolaan keuangan mereka.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *