Meningkatkan Kualitas Ruang Digital Untuk Pemilu Damai

JurnalPost.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kementerian Kominfo) bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah menyelenggarakan seminar online yakni Ngobrol Bareng Legislator dengan mengusung tema: “Meningkatkan Kualitas Ruang Digital Untuk Pemilu Damai”. Dalam seminar Ngobrol Bareng Legislator ini terdapat empat narasumber yang berkompeten pada bidangnya, yaitu Ibu Rachel Maryam Sayidina yang saat ini menjabat sebagai Anggota Komisi I DPR RI.

Narasumber kedua yakni Bapak Semuel Abrijani Pangerapan, B.Sc selaku Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo RI serta mengundang Bapak Ir. Mochamad Hadiyana M.Eng selaku Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi. Selain itu, dalam acara ini juga turut mengundang Ibu Dr.  Erna Febriani, S. Si, M.Si selaku Wakil Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Esa Unggul.  Seminar diselenggarakan pada hari Rabu, 07 Februari 2024 melalui platform zoom meeting.

Seminar Ngobrol Bareng Legislator merupakan inisiasi Kementerian Kominfo yang bekerja sama dengan Komisi I DPR RI yang bertujuan agar masyarakat dapat memilah dan memilih informasi yang bermanfaat dan dibutuhkan sehingga dapat menggunakan internet dengan lebih bijak sehingga dapat menjaga kedamaian pemilu di media digital, dan juga manfaat lain dari kegiatan ini adalah memberikan informasi yang lengkap kepada masyarakat terkait pembangunan infrastruktur TIK yang dilakukan oleh Pemerintah khususnya Ditjen APTIKA, serta mewujudkan komunikasi dan penyampaian informasi dengan komunikasi dua arah antara pemerintah dan masyarakat dan masyarakat dengan masyarakat lainnya. Seminar ini terdiri dari beberapa sesi, yaitu sesi pembukaan, pemaparan materi, sesi tanya jawab, dan sesi penutup.

Sesi pemaparan diawali oleh pengantar dari Ibu Rachel Maryam Sayidina. Dalam pandangan beliau, diskusi ini memberikan kontribusi yang sangat berharga bagi masyarakat dalam menghadapi tantangan dari perkembangan pesat di era digital. Menurutnya, cepatnya dunia digital telah membawa dampak positif yang luar biasa dalam berbagai aspek kehidupan kita. Akses mudah terhadap informasi dari berbagai sumber telah meningkatkan pengetahuan masyarakat secara global, menciptakan masyarakat yang lebih terinformasi dan literasi.

Beliau juga berharap Perpindahan ke ruang digital telah menjadi fenomena yang mengubah cara kita berinteraksi, bekerja, dan hidup secara menyeluruh. Oleh karena itu, perpindahan ke ruang digital memerlukan pengelolaan yang bijak dan kesadaran akan implikasinya agar dapat dihadapi dengan sukses di era ini.
Selanjutnya adalah sambutan oleh Bapak Semuel Abrijani Pangerapan, B.Sc. Dalam pemaparannya, Beliau menekankan bahwa realisasi transformasi digital di Indonesia tetap menjadi salah satu fokus utama untuk mencapai kemajuan yang lebih tinggi.

Melalui kepemimpinan Dirjen Aplikasi Informatika, Kementerian Kominfo terus bersungguh-sungguh untuk menyelenggarakan serangkaian inisiatif dan program peningkatan literasi digital. Tujuan utamanya adalah mendukung transformasi digital yang tidak hanya inklusif, tetapi juga mempromosikan pemberdayaan dan keberlanjutan. Langkah-langkah transformasi digital ini akan terus diambil guna merangsang pertumbuhan ekonomi negara dan membuka berbagai peluang bagi semua warga Indonesia. Evolusi teknologi digital saat ini telah mengubah paradigma kerja, strategi bisnis, dan gaya hidup kita secara signifikan.

Dengan adopsi teknologi yang terus menerus berkembang, kita telah menyaksikan perubahan mendalam dalam cara kita bekerja, tidak lagi terikat pada batasan fisik ruang kantor. Oleh karena itu, Kementerian Kominfo secara berkesinambungan meningkatkan kesadaran, pengetahuan, dan keterampilan digital di tiga sektor kunci: masyarakat umum, pemerintahan, dan pendidikan.
Selanjutnya yaitu Bapak Ir. Mochamad Hadiyana M.Eng. selaku Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi. Pada diskusi kali ini membahas tentang Ruang digital yang aman memegang peranan krusial dalam kehidupan sehari-hari, membentuk landasan yang diperlukan untuk interaksi online yang sehat dan produktif. Ruang digital merujuk pada lingkungan maya di mana interaksi dan pertukaran informasi terjadi melalui teknologi digital, seperti internet dan platform online.

Transformasi digital adalah perubahan menyeluruh yang melibatkan penerapan teknologi digital untuk meningkatkan proses, layanan, dan nilai dalam berbagai aspek kehidupan. Transformasi digital tidak dapat dihindari oleh karena itu kita harus mempunyai block atau prasyarat dalam transformasi digital.

Beliau menyampaikan pemilu 2024 harus meningkatkan kualitas ruang digital dalam konteks pemilu damai menjadi suatu prioritas yang mendesak. Dalam era digital, ruang digital berfungsi sebagai wadah yang memainkan peran kunci dalam membentuk opini publik dan menyebarkan informasi terkait pemilu. Ruang digital juga menjadi medan utama kampanye politik modern.

Kandidat dan partai politik memanfaatkan media sosial untuk menyebarkan pesan kampanye, membangun hubungan langsung dengan pemilih, dan mengorganisir dukungan. Pentingnya meningkatkan kualitas ruang digital dalam konteks pemilu damai pada Pemilu 2024 menjadi sebuah keharusan yang mendesak. Untuk terhindar dari informasi hoax yang ada di ruang digital.

Terakhir pemaparan dari Ibu Dr.  Erna Febriani, S. Si, M.Si selaku Wakil Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Esa Unggul. Dalam pemaparannya beliau mengatakan bahwa ruang digital, seperti lautan luas yang tak terbatas, merupakan arena yang menyediakan berbagai peluang dan potensi. Pencarian informasi politik melalui media sosial, khususnya Instagram, telah menjadi tren yang signifikan dalam dunia digital. Pengguna dapat mengikuti akun resmi kandidat, partai politik, atau media berita, serta mendapatkan pembaruan langsung tentang kampanye, pandangan politik, dan perkembangan terkini.

Selanjutnya beliau menjelaskan bahwa saat ini semakin banyak ancaman digital yang menyebar per tanggal 1 juli 2023 tentang ruang digital pemilu. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menanggulangi hoax, yang pertama pemerintah khususnya Kementerian Kominfo membuat sistem anti hoax, yang kedua adalah edukasi digital yaitu meningkatkan pemahaman dan kemampuan dalam menggunakan alat-alat digital dan meningkatkan literasi digital,  dan yang terakhir adalah meningkatkan kebijaksanaan diri yaitu menghilangkan emosi dalam memahami sebuah informasi.  Dalam menghadapi tantangan hoax, telah dilakukan serangkaian langkah untuk menanggulangi penyebaran informasi palsu. Pertama, pemerintah, khususnya Kementerian Komunikasi dan Informatika, telah mengambil langkah tegas dengan melakukan take down terhadap sebanyak 1.730 hoax di media sosial. Tindakan ini bertujuan untuk mengurangi dampak negatif dan menyaring konten yang dapat menyesatkan masyarakat. Ciptakan ruang digital untuk pemilu damai dengan mendorong pengawasan yang ketat terhadap informasi yang disebarkan, membuka pintu dialog terbuka antara pemilih dan kandidat, merangsang sikap kritis dalam menilai berita politik, serta menggalakkan konsep “Joy of Missing Out” untuk mengurangi tekanan sosial media dan mendorong pemikiran yang lebih tenang dan reflektif. Oleh karena itu pentingnya literasi digital tak terbantahkan dalam menghadapi era informasi digital yang terus berkembang. Literasi digital bukan hanya sekadar keterampilan tambahan, melainkan suatu kebutuhan mendesak untuk membantu individu memahami, menilai, dan berpartisipasi secara cerdas dalam dunia digital yang kompleks.

Para narasumber sepakat bahwa  pentingnya literasi digital dalam mengatasi tantangan perkembangan pesat di era digital. Pemerintah dan lembaga terkait telah melakukan langkah-langkah konkret, seperti pengambilan tindakan tegas terhadap hoax dan inisiatif peningkatan literasi digital. Transformasi digital di Indonesia menjadi fokus utama untuk mencapai kemajuan yang inklusif dan berkelanjutan.

Setelah pemaparan materi oleh para narasumber dilanjutkan dengan sesi tanya, kemudian dilanjutkan dengan closing statement dari narasumber dan diakhiri dengan penutup oleh MC.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *