Musyawarah Wilayah Syarikat Islam Jawa Timur Wujudkan Masyarakat Islami dan Rakyat Sejahtera

Dokumentasi Musyawarah Wilayah
Syarikat Islam Jawa Timur. Sumber:
Dok. Pribadi

Surabaya, JurnalPost.com – Graha Zabalnur di Jambangan, Kota Surabaya, menyaksikan momentum terselenggaranya ‘Musyawarah Wilayah Syarikat Islam Provinsi Jawa Timur’. Pada hari Ahad, 19 November 2023 Acara dibuka oleh perwakilan Gubernur Jawa Timur, Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat, Bapak Imam Hidayat, S.Sos, MM.

Turut hadir dalam acara ini adalah Ir. David Chalik M.M.,M.Ag. sebagai Wakil Ketua Infokom Lajnah Tanfidziyah Syarikat Islam, dan Bapak Rodhi Atam, S.H. dari Bakesbangpol Jawa Timur sebagai Analis Kebijakan Ahli Muda memberikan dukungan yang luar biasa dan arti penting bagi kesuksesan acara ini.

Dewan Pimpinan Wilayah Syarikat Islam (SI) Provinsi Jawa Timur menggelar Musyawarah Wilayah dengan tema “Dengan Musyawarah Wilayah Syarikat Islam Jawa Timur, Kita Wujudkan Masyarakat Islami dan Rakyat Sejahtera,” acara ini bertujuan untuk memperkuat keimanan, meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT, serta mengarahkan langkah-langkah organisasi ke peran yang lebih proaktif dalam masyarakat,” menurut Plt Ketua Pimpinan Wilayah SI Jawa Timur, K.H. Ir. Sayuri Rustam, MM.

Dalam acara tersebut, Prof. Ir. Achmad Subagio, M.Agr. Ph.D., berhasil terpilih sebagai Ketua Pimpinan Wilayah. Sementara itu, Prof. Ir. Mukhtasor, M.Eng., Ph.D. terpilih sebagai Ketua Dewan Wilayah. Kedua pemimpin ini diharapkan membawa perubahan positif untuk perkembangan Syarikat Islam di wilayah ini.

Musyawarah Wilayah kali ini mengambil inspirasi dari sejarah panjang Syarikat Islam, yang lahir sebagai pelopor Gerakan Kebangkitan Nasional pada tahun 1905. Organisasi ini berhasil memainkan peran kunci dalam mengusir penjajah Belanda, dan sejak saat itu, menjadi wadah perjuangan umat Islam untuk kemerdekaan Republik Indonesia, khususnya di Provinsi Jawa Timur.

Dalam muqodimah, ditekankan bahwa regenerasi organisasi Syarikat Islam perlu dilakukan dengan menyusun program kerja yang nyata dan relevan. Musyawarah Wilayah menjadi langkah strategis untuk mewujudkan cita-cita ini, sekaligus menjawab tantangan zaman dan memastikan peran yang signifikan bagi umat dan bangsa.

Al-Qur’an Surat Al-Hujurat ayat 10 dan hadis tentang pentingnya silaturahmi menjadi landasan kegiatan ini. Tujuannya bukan hanya untuk mempererat ukhuwah Islamiyah dalam jamaah Syarikat Islam, tetapi juga untuk menjaga persatuan dan kesatuan masyarakat Jawa Timur di tengah polarisasi politik yang dapat merugikan bersama.

Perwakilan Gubernur Jawa Timur, Bapak Kepala Biro Kesejahteraan
Rakyat, Imam Hidayat, S. Sos, MM,.
Sumber: Dok. Pribadi

Dalam Musyawarah Wilayah ini, lebih dari 150 perwakilan pengurus Pimpinan Cabang SI se-Provinsi Jawa Timur berkumpul untuk melanjutkan estafet kepemimpinan, mempererat ukhuwah Islamiyah, serta meneguhkan kebangsaan dan keummatan. Program kerja yang dihasilkan diharapkan mampu menjawab permasalahan internal, eksternal, dan umum yang dihadapi masyarakat Jawa Timur, dengan fokus pada kepentingan umat dan masyarakat.

Dalam penutup, diungkapkan harapan akan dukungan moral, finansial, tenaga, dan pemikiran dari seluruh elemen masyarakat. Keberhasilan kegiatan ini diukur bukan hanya dalam kesuksesan penyelenggaraan, tetapi juga dalam dampak positifnya terhadap kehidupan umat Islam dan masyarakat Jawa Timur secara keseluruhan.

Semua langkah yang diambil, diharapkan berada di bawah ridho Allah SWT, yang senantiasa menyertai setiap upaya dan bakti Syarikat Islam saat ini dan di masa yang akan datang. Fattaqullaha Mastatho’tum Billahi Fii Sabilil Haq.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *