Pelatihan Penyusunan Paket Wisata Kampoeng Thengul

JurnalPost.com – Sejak tahun 2022 Kampoeng Thengul telah menjadi tujuan berkunjung bagi wisatawan namun yang diunggulkan hanya potensi wayang thengul saja. Hal ini dikarenakan minimnya pengetahuan masyarakat oleh karena itu pengadaan pelatihan identifikasi potensi wisata pada tanggal 12 Oktober 2023 dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui potensi yang ada di Kampoeng Thengul.

Melalui pelatihan identifikasi potensi tersebut ditemukan potensi daya tarik wisata budaya yaitu kesenian wayang thengul dan kesenian tari jumantara. Selain itu juga ditemukan potensi wisata buatan yaitu berupa rumah produksi tempe. Dari beberapa potensi ini dapat dijadikan variasi kunjungan wisatawan. Untuk mempermudah perencanaan kegiatan wisatawan maka beberapa potensi yang ada disusun dalam sebuah paket wisata.

Paket wisata merupakan rencana atau suatu perjalanan yang berkaitan dengan wisata yang disusun tetap, dengan harga yang sudah termasuk biaya untuk transport, akomodasi, darmawisata, atraksi – atraksi wisata yang sudah tersedia di dalam kegiatan tersebut (Darmajati, 2001 : 93) dalam (Sri et al., 2018). Paket wisata yang biasa ditawarkan memiliki beragam jenis misalnya paket wisata budaya, paket wisata kuliner atau paket wisata adventure dan sebagainya. Dalam penyusunan paket wisata di Kampoeng Thengul menghasilkan 2 paket wisata yang terfokus pada kebudayaan thengul.

Kedua paket wisata ini yakni paket wisata early dan paket wisata early fun. Perbedaan dari kedua paket ini hanya pada durasi kunjungan yaitu durasi 2 jam dan durasi 4 jam. Dengan mempertimbangkan kemampuan dan fasilitas di Kampoeng Thengul yang belum begitu memadai maka diputuskan membuat paket dengan durasi singkat agar terjaga kualitas pelayanan kepada wisatawan.

Kedua paket wisata ini di bandrol dengan harga 100.000,- hingga 150.000,- per orang. Paket wisata yang ditawarkan ini bersifat private atau dibatasi oleh kuota. Dengan adanya penyusunan paket wisata ini diharapkan Masyarakat dapat merealisasikan paket wisata ini sehingga dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di Kampoeng Thengul.

Debby Angely Agustin – Bina Desa UPN Veteran Jawa Timur

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *