Perjalanan Karir Dewanda Pratama Sosok Penyanyi Wanita dengan Memiliki Paras Cantik dan Cerdas

Sumber instagram @dewandapratama

Oleh: Yasmin Nurannajmi Mahasiswa Komunikasi Digital dan Media Sekolah Vokasi IPB University

JurnalPost.com – Dunia musik memang sebuah bidang yang tidak bisa jauh dari lingkungan kita. Semakin hari dunia musik terutama di Indonesia akan terus melahirkan bintang- bintang baru dengan sejuta prestasi. Lika-liku perjalanan seseorang yang berhasil di dunia musik juga tidak mulus begitu saja, seperti sosok penyanyi yang memiliki jiwa kerja keras dan banyak prestasi satu ini.

Dewanda Avianty Pratama adalah salah satu sosok yang memiliki riwayat karir di dunia musik. Dewanda atau sosok yang biasa dikenal dengan nama Dewanda Pratama ini lahir di Kota Bandung pada tanggal 7 Oktober 2002. Dia merupakan anak pertama dari dua bersaudara. Dia dikenal sebagai penyanyi dan menjadikan bakatnya tersebut untuk memproduksi konten di Instagram maupun TikTok.

Kerap kali Dewanda membagikan suara emasnya melalui cover-cover lagu di dalam media sosialnya. Akun media sosial yang ia miliki sudah menarik perhatian banyak khalayak. Hal tersebut terbukti dari jumlah followers dari akun media sosialnya. Akun Tiktok Dewanda Pratama berhasil meraih jumlah followers sebesar lebih dari 149 ribu sedangkan lebih dari 90 ribu dalam akun Instagramnya.

Penasaran lebih lanjut sosok dari Dewanda Pratama ini? Ini kisah perjalanan hidupnya. Perjalanan karir Dewanda Pratama dimulai saat dia masih berumur 5 tahun. Sejak tahun 2007 dia mulai berlatih untuk bernyanyi bersama mama dan papanya. Kedua orang tuanya sama-sama menyukai musik, maka dari itulah Dewanda Pratama setuju untuk mengembangkan bakat bernyanyi. Dia sangat menyukai musik dan disinilah dia menyadari bahwa hobinya adalah bermusik atau bernyanyi.

Jiwa kegigihan dan kerja keras yang tinggi Dewanda Pratama memang sudah terlihat sejak kecil. Selain menyukai musik, rupanya wanita cantik dari Bandung satu ini juga kerap mengikuti beberapa lomba di bidang fashion. Sejak berumur 5 tahun Dewanda memiliki cara atau strategi untuk dirinya bisa percaya diri di depan orang banyak yaitu dengan mengikuti lomba fashion show. Dia percaya jika dirinya sering menampilkan diri di depan khalayak, maka akan terbentuklah kepercayaan diri hingga menginjak usia dewasa.

Tentu walaupun Dewanda sesekali mengikuti serangkaian acara di bidang fashion, dia tetap fokus terhadap hobinya bermusik. Untuk mengembangkan hobinya menjadi sebuah bakat, sekitar berumur 7 hingga 13 tahun dia mulai mempelajari berbagai macam alat musik. Alat musik yang dia pelajari seperti gitar, keyboard dan ukulele. Usahanya tersebut untuk berkembang di dunia musik tidak sia-sia. Terlihat dari pencapaiannya yang salah satunya adalah pernah menjadi peserta fifteen Indonesian Idol spesial season pada tahun 2020 silam.

Pencapaian masuk dalam peserta fifteen Indonesian Idol spesial season di umurnya yang ke 18 merupakan bukti dari kerja keras pengembangan bakat sejak dia kecil. Dewanda mengaku pengalaman ini merupakan pengalaman yang besar dan memberikan pelajaran bagi hidupnya. Dewanda bangga bisa bertemu dengan para juri Indonesian Idol seperti Anang, Ari Lasso dan Rossa dalam satu panggung.

“Syukur Alhamdulillah, aku benar-benar bersyukur sekali bisa diberikan pengalaman dan pelajaran yang begitu besar disini. Bisa tampil di panggung sebesar ini dan berbincang langsung serta mendapat pelajaran dari para judges yang tak ternilai harganya.” Tulis Dewanda dalam postingan Instagramnya.

Selain berbakat dalam bidang non akademiknya atau musiknya tersebut, Dewanda juga gigih dalam mengejar gelar sarjana di suatu perguruan tinggi. Saat ini, pada umur ke 21 Dewanda sedang menjalankan perkuliahannya di Jurusan Psikologi Universitas Negeri Jakarta atau dikenal dengan UNJ. Sambil mengejar cita-citanya dia juga tetap aktif untuk mengelola akun media sosialnya tersebut.

Selama berkarir kurang lebih 15 tahun, Dewanda meraih berbagai macam prestasi terutama di bidang musik atau akademiknya. Beberapa prestasi-prestasi yang telah di capai olehnya antara lain:

1. Pengisi acara di Istana Jakarta HUT RI ke 67
2. Juara 1 The Next Boy or Girl Band season 2 GTV
3. Fifteen Indonesian Idol spesial season
4. Juara 1 fls2n tingkat provinsi Jawa Barat Sekolah Vokal (2021)

Menjadi seorang penyanyi, Dewanda mengaku mengalami hal yang tidak menyenangkan baginya. Dia pernah merasa down dan bosan untuk bernyanyi. Ketika Dewanda merasa berada di titik itu, dia langsung mengingat awal-awal sejak merintis di dunia musik. Dewanda akan selalu mengingat bahwa penyemangat di sekitarnya lebih besar adanya daripada rasa jenuh yang muncul dalam dirinya. Dia selalu mengingat bahwa dia memiliki orang tua dan teman-temannya yang selalu memberikan dukungan, itulah yang membuat semangatnya bangkit lagi.

Dewanda selalu menanamkan dalam pikiran dirinya bahwa di atas langit masih ada langit, artinya dia tidak memiliki kuasa untuk menjadi seseorang yang sombong. Dia sadar bahwa masih banyak orang yang memiliki kapasitas bakat yang serupa dengan level di atasnya. Hal tersebut membuat dia mau terus belajar dan berusaha untuk mengembangkan bakat bernyanyinya itu. Dia bukanlah tipe seseorang yang mudah puas dengan pencapaiannya, namun dia menyukai hal-hal yang baru untuk dicobanya.

Kedepannya Dewanda berharap dapat menjadi seseorang dengan kepribadian yang baik. Dia ingin di setiap langkahnya akan membawa manfaat yang besar bagi banyak orang di sekitarnya. Mimpi selanjutnya yang akan di kejar adalah dapat menginspirasi orang lewat lagunya. Di samping itu, Dewanda memikirkan untuk menjadi orang yang dapat memperbaiki kondisi mental orang lain lewat profesi yang nantinya akan dicapai. Menjadi penyanyi bukanlah satu-satunya jalan menuju kebaikan dan membawa sejuta manfaat. Baginya dengan memperhatikan dan peduli dengan orang-orang disekitarnya adalah sesuatu hal yang wajib dia lakukan kedepannya.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *