Pilgub Kalteng 2024: Profil 10 Calon Gubernur Potensial yang Membuat Gebrakan

PALANGKA RAYA, JurnalPost.com – Munculnya 10 nama kandidat kuat bakal Calon Gubernur (Cagub) yang diperkirakan maju dalam pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) kian memperjelas Peta Politik saat ini.

Bersumber dari Kaltengpedia, 10 nama Kandidat Kuat Cagub Kalteng tersebut berasal dari partai politik (parpol) maupun non parpol muncul menghiasi panggung politik pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kalteng mendatang.

Dalam unggahan terbarunya, ada dua sosok dari Partai Golkar yakni Wakil Ketua I DPRD Kalteng saat ini, Abdul Razak yang sudah mendeklarasikan maju di pilgub mendatang dan Wakil Gubernur Kalteng saat ini, Edy Pratowo.

Kemudian ada dua kandidat dari Partai Demokrat yakni Mantan Bupati Barito Utara, H Nadalsyah atau akrab disapa koyem yang memang sudah mendeklarasikan diri akan maju di Pilgub mendatang dan Bambang Purwanto yang saat ini menjabat Anggota DPR-RI dapil Kalteng.

Lalu ada Rahmat Nasution Hamka, Komisaris Utama PT Jamkrida Kalteng tersebut, merupakan legislator senior pernah menjadi Anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Barat (2004-2009) dan Anggota DPRD Kalteng (2009-2014) dan juga pernah menjabat Anggota DPR-RI 2014-2019.

Selanjutnya ada Politisi dari PKS, Dikki Akhmar, namanya kian melejit usai menduduki 10 besar survei elektabilitas dalam pencalonannya sebagai Caleg DPR-RI dapil Kalteng.

Terakhir terdapat empat politisi dari PDIP, yakni Agustiar Sabran pada saat ini menjabat Anggota DPR-RI dapil Kalteng dan juga Ketua Dewan Adat Dayak (DAD).

Sigit K Yunianto pada saat ini menjabat Ketua DPRD Kota Palangka Raya dan juga sebagai Sekretaris DPD PDIP Kalteng.

Perdie M Yoseph mantan Bupati Murung Raya dua Periode dan Supian hadi mantan Ketua DPRD Kotawaringin Timur serta pernah menjabat sebagai Bupati Kotawaringin Timur selama dua Periode.

Dari kesepuluh nama tersebut, pihak Kaltengpedia menyampaikan hasil tersebut berdasarkan riset pengalaman dalam berpolitik.

“Berpengalaman dalam pemerintahan dan nama yang latar belakangnya cukup dikenal Masyarakat Kalteng,” Kata CEO Kaltengpedia, Ahmad Hady Surya, Kamis 18 Januari 2024.

Hady menjelaskan, Kaltengpedia tidak menjamin kesepuluh nama tersebut akan maju dalam pilgub mendatang.

“Data ini hanya Opini kami, dan selanjutnya Masyarakat yang akan menilai dari kesepuluh sosok tersebut, kira kira siapa yang akan maju,” pungkasnya.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *