PLN dan Pemda Pangkep Bersinergi Menghadirkan Program Super Sun untuk Wilayah Kepulauan

JurnalPost.com – Peningkatan pelayanan dan instalasi listrik di wilayah kepulauan, Pemda Pangkep melakukan audiensi bersama PT. PLN Persero UP3 Makassar Utara, di aula rujab bupati Pangkep, rabu (20/3/2024).

Audiensi dihadiri Bupati Pangkep, Muhammad Yusran Lalogau(MYL), OPD terkait, camat dankepala desa wilayah kepulauan Pangkep, Manager PLN UP3 Makassar utara beserta jajarannya.

Audiensi dibahas terkait program Super Sun PT PLN Persero untuk wilayah kepulauan Pangkep. Supersun merupakan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) yang telah dimodifikasi dan dapat ditempatkan di rumah.

Bupati MYL mengatakan, Supersun ini merupakan program dari PLN. Tahap awal ini Super sun akan ada dan akan fokus ke fasilitas umum dan fasiilitas kesehatan.

“Ditahap awal supersun akan diutamakan pada fasilitas umum seperti di kantor camat/lurah/desa dan juga pada fasilitas kesehatan selanjutnya masuk ke sekolah”. katanya.

Ia menambahkan dengan adanya program ini bisa memperlihatkan kepada masyarakat bahwa ada suatu program dari PLN kepada masyarakat kepulauan.

“Jadi nanti masyarakat dapat melihat program ini yg ada di fasilitas-fasilitas umum, disampaikan saja kepada masyarakat kalau berkenan silahkan dikonfirmasi kepada pemerintah setempat desa/keluruhan agar dapat diusulkan ke PLN untuk mendapatkan program ini, “tambahnya.

Manager PLN UP3 Makassar Utara, Alexander J Manuhua menyampaikan, Super Sun program pemerintah melalui PLN melistriki wilayah pulau yang belum menikmati listrik.

Super Sun suatu perangkat listrik yang bervariasi sesuai kapasitas daya, 450, 900 hingga 1300.

“Super Sun suatu program peningkatan rasio elektrifikasi dan peningkatan rasio desa berlistrik merupakan bagian program pemerintah dan PLN agar masyarakat bisa menikmati listrik, ” katanya.

Tahap awal, sebanyak 20 akan siap dikirim. Terkait pemasangan, PLN melakukan koordinasi dengan Pemkab Pangkep.

Setelah audiensi dan berdikusi dilakukan penandatangan kesepakatan bersama pajak barang dan jas tertentu (PBJT) atas tenaga listrik antara Pemda pangkep dengan PT. PLN Persero UP3 Makassar Utara, Yang dilakukan oleh Bupati Pangkep MYL dengan Manager PLN UP3 Makassar Utara Alexander J Manuhua.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *