Rayakan Hari Guru Nasional, Jobhun Ajak Anak Muda untuk Jadi Expert di Bidangnya

Pelatihan Digital Marketing & UI/UX Design bersama expert di Jobhun yang dilaksanakan di daerah wilayah Badung, Bali.

SURABAYA, JurnalPost.com – Dalam rangka merayakan Hari Guru Nasional 2023 pada 25 November, Jobhun mengajak seluruh masyarakat Indonesia, terutama anak muda untuk bergabung menjadi expert di bidangnya. Menurut peraturan UU No. 20 Tahun 2003 Pasal 1 ayat 10 tentang satuan pendidikan di Indonesia dapat diselenggarakan melalui tiga jalur, yaitu formal, non-formal, dan informal. Jobhun termasuk dalam kategori platform pendidikan non-formal karena meliputi satuan pendidikan keterampilan dan pelatihan kerja.

Hal itu berkesinambungan dengan data yang dilansir dari laman resmi BPS (Badan Pusat Statistik) bahwa jumlah pengangguran di Indonesia saat ini mencapai 7,86 juta orang pada bulan Agustus 2023. Data ini membuat Jobhun terdorong untuk memberikan kesempatan kepada mereka yang membutuhkan, yaitu dengan menjadi expert di bidangnya.

Co-Founder Jobhun Cynthia Cecilia menjelaskan, “Jobhun telah memvalidasi bahwa banyak mahasiswa dan calon pekerja yang merasa kesulitan dalam mencari expert yang mereka butuhkan, sehingga, diperlukannya wadah yang dapat menjembatani hal tersebut,” kata Cynthia.

Kebutuhan para expert sebagai pendamping ini juga menjadi salah satu solusi terbaik atas permasalahan tentang kemampuan literasi anak di Indonesia yang masih rendah . Pernyataan itu telah dianalisis hingga disimpulkan dalam jurnal Institusi Pemerintah Dalam Negeri (2022) yang berjudul Rendahnya Literasi Remaja di Indonesia: Masalah dan Solusi. Oleh karena itu, peran expert sangat dibutuhkan untuk memberikan motivasi kepada anak muda agar lebih percaya diri lagi secara personal, juga dalam meraih career growth impiannya.

Mengacu juga pada konsep yang diyakini oleh psikolog Carol Dweck, bahwa growth mindset atau pola pikir pertumbuhan bukan bakat, tetapi sebuah kemampuan yang bisa ditingkatkan dengan usaha dan belajar. Sedangkan, proses belajar sendiri “self directed learning” disebut kurang diterapkan oleh anak muda masa kini karena tidak ditemukan usaha dalam dirinya untuk menumbuhkan konsep belajar sepanjang hayat “lifelong learning” . Pada akhirnya, generasi muda di Indonesia mengharapkan ketersediaan expert atau mentor untuk membantunya dalam mewujudkan kemampuan literat membaca, menulis, berpikir kritis, interpretasi informasi, hingga cara penyelesaian masalah.

Cynthia juga menerangkan bahwa “Sudah ada lebih dari 800 expert berasal dari Jabodetabek, Surabaya dan beberapa daerah di Indonesia yang terdaftar di Jobhun. Mereka adalah para expert di bidang pengembangan karier. Mengenai pemakaiannya, sudah ada 4000 lebih transaksi yang pernah dilakukan oleh pengguna Jobhun, dan beberapa jenis bidang yang paling diminati adalah digital marketing, social media specialist, copywriting, SEO, business development, dan masih banyak lagi,” tuturnya.

Pelatihan Digital Marketing & Soft Skills bersama expert di Jobhun yang dilaksanakan di daerah wilayah Surabaya, Jawa Timur.

Seluruh expert di Jobhun dapat melayani berbagai bentuk kebutuhan pengembangan karier, di antaranya adalah pelatihan, konsultasi, dan undangan untuk beberapa acara seperti seminar, talkshow, dan workshop. Seluruh kegiatan dapat dilakukan secara tatap muka (offline) ataupun daring (online), sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan peserta ataupun klien. Hal itu juga memungkinkan expert dapat direkrut oleh para pencari talent untuk berbagai kebutuhan proyek perusahaan atau pekerjaan dibidangnya.

Career Consultant dan Certified Coach Practitioner Irvandias Sanjaya, salah satu expert Jobhun juga memberikan pendapatnya mengenai pengalamannya menjadi expert. “Dengan industri market yang terus berkembang, Jobhun memiliki peran krusial karena merupakan sektor industri pendidikan yang terus memberikan kontribusi untuk membantu pemerintah, akademik, dan komunitas dalam peningkatan percepatan munculnya lapangan pekerjaan baru,” jelas Irvandias.

Irvandias juga membeberkan bahwa dengan program yang disediakan Jobhun, seperti coaching, mentoring, atau sesi-sesi yang sifatnya dua arah dapat menjadi jalur penting dalam memberikan bimbingan kepada banyak orang. Khususnya seperti arahan dalam memilah dan menerima ilmu pengetahuan yang didapatkan, sehingga mampu memberikan hasil yang memuaskan.

“Dengan menjadi expert di Jobhun, mereka berkesempatan untuk memberikan banyak insight, pengalaman, hingga memperkuat personal branding. Harapannya, akan ada 10.000 expert yang tersedia dari Sabang sampai Merauke, dan platform pendidikan ini bisa menjadi wadah yang menjembatani antara para pencari kerja maupun institusi di seluruh Indonesia,” tutup Cynthia.

Penulis: Dwi Khusnul Qhotimah

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *