Reformasi Tugu Insurance Company (TIC) Hongkong

Irvan Rahardjo, Mustaqim, Tatang Nurhidayat, Alvin Siregar

JurnalPost.com – Tugu Insurance Company Limited (TIC) adalah Perusahaan Asuransi Umum yang didirikan di Hong Kong pada tanggal 15 Desember 1965. Fokus awal Perusahaan adalah memberikan perlindungan asuransi terhadap asset-aset PT. Pertamina (Persero) yang di kemudian hari semakin berkembang dan meluas untuk berbagai klien di tanah air maupun manca negara.

TIC saat ini adalah satu-satunya perusahaan Asuransi dari Indonesia yang berada di luar negeri dan telah melakukan diversifikasi ke semua kelas bisnis selain yang terkait dengan Minyak & Gas, seperti Properti, Kehilangan Keuntungan, Marine Hull, Marine Cargo, Contractor All Risk, Kendaraan Bermotor, Tanggung Jawab hukum, Personal insurance dan lain-lain.

TIC telah menyediakan perlindungan reasuransi yang memadai melalui perjanjian proporsional dan non-proporsional untuk profil bisnisnya. Kapasitas penjaminan cukup kuat untuk menutupi komitmennya kepada klien.

Total modal dan cadangan TIC melebihi $144 juta pada akhir tahun 2022. AM Best, agen pemeringkat asuransi tertua dan paling otoritatif di dunia telah memberikan Perusahaan Peringkat Kekuatan Finansial B+ (Baik) . Peringkat tersebut mencerminkan kekuatan permodalan dan finansial Perusahaan yang kuat.

Tahun 2023 ini Tugu Insurance Company (TIC) Hong Kong merombak susunan pengurusnya dua kali. Perubahan pertama pada 11 April 2023 dengan menambahkan 2 personal baru yaitu Emil Hakim dari perwakilan Tugu Pratama Indonesia dan Mohammad Mustaqim dari jalur independen. Susunan lengkapnya dengan tambahan baru tersebut menjadi sebagai berikut:

• Budi P Amir, Chairman
• Muhammad Syahid, Director
• Sunata Tjiterosampurno, Independent Director
• Emil Hakim, Director
• Mohammad Mustaqim, Independent Director

Seiring perkembangan kondisi dan pertimbangan strategis, TIC per tanggal 25 Oktober 2023 kembali melakukan perubahan struktur dewan direksi dengan susunan sebagai berikut:

• Mohammad Mustaqim, Chairman
• Sunata Tjiterosampurno, Independent Director
• Sudarlin Uzir, Director
• Alvin Ayodhia Siregar, Independent Director
• Irvan Raharjo, Independent Director

Perwakilan dari Tugu Pratama Indonesia kali ini diwakili oleh Sudarlin Uzir yang belum lama menjabat sebagai Direktur Tekhnik PT Tugu Pratama Indonesia.
Mengutip dari Media Asuransi, Presiden Direktur PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk, Tatang Nurhidayat, saat dihubungi membenarkan perubahan susunan pengurus TIC Hong Kong tersebut.

Tatang menyampaikan harapannya agar susunan pengurus yang baru ini dibawah pimpinan Mohammad Mustaqim akan membawa perbaikan kinerja Perusahaan melakukan transformasi menjadi perusahaan terbaik di kancah regional” katanya.

“TIC bisa jadi simbol kesuksesan Indonesia di industri perasuransian dunia, perlu komitmen dan kolaborasi yang solid dari berbagai pihak. Pengurus baru akan berusaha melanjutkan hal-hal kondusif yang sudah dilakukan para pengurus sebelumnya dan akan mencoba beberapa terobosan baru” ujar Mohammad Mustaqim selaku Chairman TIC saat dihubungi tim redaksi.

“Semoga TIC segera dapat beradaptasi dengan tantangan baru yang dihadapi selain menyelesaikan semua problem yang sedang berjalan” lanjut Mustaqim sebagai penutup.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *