Seminar Ngobrol Bareng Legislator: Meningkatkan Kualitas Ruang Digital untuk Pemilu Damai

Jakarta, JurnalPost.com – Seminar Ngobrol Bareng Legislator sukses diselenggarakan pada hari Sabtu 3 Februari 2024 melalui platform zoom meeting. Seminar online ini merupakan program kegiatan yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI). Tema yang diusung adalah “Meningkatkan Kualitas Ruang Digital untuk Pemilu Damai”, bertujuan untuk mendorong masyarakat agar menggunakan media sosial dengan bijak dan senantiasa menjaga keutuhan bangsa khususnya pada tahun politik dengan menciptakan pemilu damai. Pada pelaksanaanya, kegiatan seminar diawali dengan pembukaan, pemaparan materi, sesi tanya jawab, dan diakhiri penutup serta sesi dokumentasi.

Tiga narasumber hebat yang berkompeten di bidangnya dilibatkan untuk memberikan pemahaman terkait tema yang menjadi bahasan pada kegiatan seminar kali ini. Sebagai pengantar Ibu Rachel Maryam Sayidina, menyampaikan bahwa diskusi ini memberikan manfaat bagi masyarakat untuk menghadapi tantangan diera digital yang berkembang sangat pesat. Ibu Rachel Maryam berharap masyarakat dapat membantu terwujudnya pemilu yang damai di ruang digital, karena menjaga ketertiban ruang digital merupakan kewajiban seluruh lapisan masyarakat, mengingat dampaknya sangat mempengaruhi berbagai aspek kehidupan. Melalui ruang digital, ideologi, gagasan dan pandangan dapat dengan cepat menyebar, oleh karena itu penting untuk kita menjaga ruang-ruang digital agar tercipta dinamika yang positif dan penuh toleransi.

Selanjutnya adalah sambutan oleh Bapak Semuel Abrijani Pangerapan, B.Sc., dalam pemaparannya, beliau menyampaikan bahwa perwujudan Indonesia digital tetap menjadi salah satu prioritas utama guna mewujudkan Indonesia yang semakin digital dan semakin maju. Kementerian Kominfo melalui Dirjen Aplikasi Informatika terus berkomitmen dalam menyelenggarakan berbagai inisiatif dan program peningkatan literasi digital untuk mendukung upaya transformasi digital yang inklusif, pemberdayaan serta berkelanjutan. Upaya transformasi digital ini akan terus dilakukan untuk mendorong perekonomian bangsa dan membuka berbagai peluang bagi seluruh masyarakat Indonesia. Perkembangan teknologi digital saat ini telah merubah cara kita bekerja, cara kita berusaha dan cara kita menjalani kehidupan sehari-hari. Maka dari itu, Kementerian Kominfo terus melakukan peningkatan kesadaran, pengetahuan dan kecakapan digital yang ditujukan pada 3 sektor yaitu masyarakat umum, pemerintahan dan pendidikan melalui beberapa program literasi digital.

Selanjutnya, Afrimadona Ph.D., Direktur Eksekutif Populi Center, menyampaikan bahwa ruang digital menyediakan ranah kontestasi politik dengan berbagai informasi, baik itu informasi benar maupun informasi salah. Strategi kampanye politik semakin massif di ruang digital karna aksesibilitas publik, kita perlu sangat cermat dalam memilik dan memilah informasi. Sebagai pengguna, kita perlu terus mengedukasi diri kita agar tidak mudah terprovokasi dengan berani membaca informasi pembanding dan perlu kritis dalam setiap membaca informasi di media social.

Materi penutup disampaikan Rizky Hikmawan, S.IP., M.Si., peningkatan ruang digital untuk pemilu damai merupakan langkah yang sangat penting dalam memastikan bahwa proses demokratis berjalan dengan lancar dan adil, salah satu nya dengan Meningkatkan kemampuan masyarakat dalam menyaring informasi yang diterima dari platform digital, mengajarkan mereka untuk mengenali dan menghindari berita palsu atau provokatif yang dapat memicu konflik. Bapak Rizky juga menyampaikan untuk menjaga pemilu damai perlunya mendorong kampanye positif di media sosial untuk mendukung dialog yang konstruktif dan mengurangi retorika yang bersifat konfrontatif.

Simpulan dari ketiga narasumber pada kegiatan Seminar Ngobrol Bareng Legislator ini diperlukan pendidikan digital untuk masyarakat meningkatkan pengetahuan digital. Jangan sampai kita terjebak oleh informasi yang tidak benar lalu di membuat masyarakat terpecah belah, seluruh lapisan masyarakat harus menjaga pemilu tetap damai, salah satu cara efektif yang dapat dilakukan adalah dengan terus meningkatkan literasi digital.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *