Skill Komunikasi di Zaman Sekarang

Penulis: Meirizka Miranda & Dian Natari

JurnalPost.com – Komunikasi yang baik memungkinkan tercapainya informasi yang benar dan tepat antara anggota tim, manager, pimpinan dan direktur dalam sebuah organisasi. Menurut Hasanah & Malik (2020), kemampuan komunikasi merupakan kemampuan untuk menyampaikan pemikiran, pendapat, serta perintah secara jelas dan persuasif baik dalam bentuk lisan ataupun tulisan Dengan komunikasi yang baik perilaku antar karyawan pun dapat di arahkan seperti: menemukan ide yang cemerlang bersama, mampu berkolaborasi dengan efektif. Jika karyawan berkomunikasi dengan baik selanjutnya akan tercipta diskusi yang baik sehingga pengambilan keputusan akan efektif dan efisien baik melalui diskusi maupun Pertimbangan antar pendapat. Menurut Prof. Dr. Elisabeth Siahaan, SE, M.EC ada beberapa fungsi dalam komunikasi yaitu yang pertama komunikasi dapat membuat perilaku seseorang dapat dikendalikan, komunikasi dapat memotivasi dan sebagai pernyataan emosional yang dimana menyampaikan komunikasi bisa secara lisan, non lisan dan juga non verbal .Cara membangun skill komunikasi di era disrupsi, sesuai dengan namanya disrupsi teknologi digital adalah era terjadinya inovasi dan perubahan besar-besaran secara fundamental karena hadirnya teknologi digital, mengubah sistem yang terjadi di Indonesia maupun global. Perkembangan teknologi digital ini mampu menggantikan pekerjaan manusia. Pertama karyawan harus tau apa tujuan visi misi perusahaannya, selanjutnya perkuat kepercayaan diri, seperti tidak malu mengungkapkan ide ide yang ada, selanjutnya menghargai, mendengarkan, memperhatikan, dan menanggapi apa yang dibicarakan lawan bicara dengan baik dan juga menjadi pribadi yang jujur, dengan komunikasi yang jujur akan menghasilkan kepercayaan diri dan mampu menanggapi saran dan kritikan darimanapun.

Dampak komunikasi bagi perilaku karyawan tergantung baik buruknya komunikasi jika yang terjalin adalah komunikasi yang baik maka yang timbul adalah ide yang menarik, inovasi yang berkembang, pengambilan keputusan yang tepat, jika komunikasi buruk yang terjalin maka dalam organisasi tersebut banyak kesalah pahaman yang terjadi, akan adanya ketegangan antar pekerja di organisasi tersebut. Karyawan dengan keterampilan komunikasi yang baik juga lebih mampu menyelesaikan konflik secara konstruktif. Dengan komunikasi yang baik penyelesaian masalah pun akan didapatkan, jika komunikasi dalam organisasi buruk sulit untuk mencari jalan keluar saat masalah datang. Keefektifan tim Dan Kolaborasi Tim dalam berkomunikasi dengan baik dan efektif antar anggota tim dapat meningkatkan kerja sama, saling pengertian dan kepercayaan di antara mereka. Manajer yang dapat berkomunikasi dengan jelas dan efektif mampu memberikan instruksi yang jelas, memotivasi karyawan dan membangun hubungan yang baik dengan mereka.Konflik dan penyelesaian masalah Komunikasi yang buruk dapat menyebabkan konflik di tempat kerja.Dengan komunikasi yang efektif, dampak positifnya dapat dirasakan di seluruh perusahaan dengan perilaku karyawan yang seperti ini akan menghadirkan kinerja perusahaan yang efektif dan efisien.

Mengapa skill komunikasi penting dan dibutuhkan di era digital vuca dan disrupsi?
Karena dengan skill komunikasi yang baik akan menghadirkan kerjasama tim yang kompak dan terarah, dengan komunikasi yang terbuka di era disrupsi ini akan membuat ide ide dan inovasi masing masing karyawan tersalurkan. Strategi komunikasi yang efektif dan efisien mampu mendorong loyalitas konsumen dan klien sebuah organisasi . Skill komunikasi yang baik, membuat perusahaan memahami kebutuhan dan keinginan para konsumen. Dengan kemampuan tersebut, perusahaan mampu melengkapi kebutuhan konsumennya. Di era digital ini juga dibutuhkan verbal communication seperti Kata-kata yang kita pilih dapat membuat perbedaan besar kepada orang lain dalam memahami kita. Misalnya, berkomunikasi dengan anak kecil, atau dengan seseorang yang lebih tua dibanding kita. Pasti akan berbeda ketika berbicara dengan teman perlu menggunakan bahasa sederhana, kalimat pendek. Juga pasti sangat berbeda ketika berbicara dengan seorang teman lama yang telah Kita kenal selama bertahun-tahun. Selanjutnya ada Non Verbal Communication yaitu Komunikasi lisan yang tidak langsung adalah komunikasi yang dilakukan dengan perantara alat seperti telepon, handphone, video call, dan lain sebagainya karena adanya jarak dengan si pembicara dengan lawan bicara.

Keterampilan berkomunikasi cakupannya lebih dari sekadar komunikasi verbal dan non-verbal, bahkan dalam berbagai situasi. Misalnya, Presentation Skills (kemampuan presentasi), writing skill (kemampuan menulis), dan personal skill. Presentation Skills (kemampuan presentasi). Meskipun, banyak dari kita, keterampilan presentasi jarang digunakan, mungkin akan ada saat-saat dalam hidup ketika kita perlu menyajikan informasi kepada sekelompok orang, baik dalam formal atau informal. Perkembangan teknologi digital ini mampu menggantikan pekerjaan manusia. Pertama karyawan harus tau apa tujuan visi misi perusahaannya, selanjutnya perkuat kepercayaan diri, seperti tidak malu mengungkaokan ide ide yang ada, selanjutnya menghargai, mendengarkan, memperhatikan, dan menanggapi apa yang dibicarakan lawan bicara dengan baik dan juga menjadi pribadi yang jujur, dengan komunikasi yang jujur akan menghasilkan kepercayaan diri dan mampu menanggapi saran dan kritikan darimanapun. Selain itu cara membangun skill komunikasi adalah dengan mendengarkan lawan bicara dengan baik, memahami audiens, perkecil melakukan interupsi, memperluas jaringan, dengan begitu kita memiliki banyak ilmu untuk berbicara dengan banyak orang, meminta feedback dari orang lain, berbicara dengan kecepatan yang tepat sehingga kita tidak gugup dan terbata-bata.

– Penulis: Meirizka Miranda & Dian Natari
– Penulis adalah mahasiswi Magister Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Uta
– Dosen pengampu: Prof. Dr. Elisabeth Siahaan, SE, M.EC

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *