Studio Gamplong Membuka Pintu untuk Para Seniman Lokal

JurnalPost.com – Studio Gamplong merupakan destinasi wisata yang mulai dibangun pada akhir 2017, tempat ini dibangun oleh Mooryati Soedibyo selaku pendiri sekaligus pemilik Mustika Ratu Group, destinasi wisata yang berdiri diatas lahan seluas dua hektar ini pada awalnya dibangun untuk keperluan shooting film Sultan Agung The Untold Story. Sekedar informasi saja film Sultan Agung merupakan film bergenre drama kolosal yang bercerita tentang perjuangan Sultan Agung, film ini disutradarai oleh sutradara kenamaan tanah air yaitu Hanung Bramantyo.

Studio Gamplong, sebuah studio seni yang terletak di jantung kota Yogyakarta telah secara resmi membuka pintu untuk seniman lokal. Studio ini, yang sebelumnya hanya digunakan oleh seniman terkemuka, kini membuka kesempatan bagi bakat-bakat lokal untuk berkembang. Berbagai macam bangunan semi permanen yang mencerminkan kehidupan Bangsa Indonesia pada abad ke 16 dan 17 berdiri di kawasan ini, mulai dari Gerbang Keraton Karta Kerajaan Mataram, Pendopo Alit Keraton Karta, Pendopo Ageng Keraton Karta, Benteng Holandia atau Batavia, Kawasan Kampung Mataram, hingga Kampung Pecinan masa lampau ada di tempat ini. Bangunan – bangunan tersebut menjadi daya tarik utama dari tempat ini, nuansa Indonesia pada abad 16 & 17 an menjadi background foto yang menarik, selain itu masih banyak lagi properti dan bangunan indonesia yang bisa dijadikan sebagai spot foto menarik.

Dengan latar belakang yang kaya dalam seni dan budaya, Studio Gamplong bertujuan untuk menciptakan ruang kreatif yang menginspirasi seniman-seniman muda dan berbakat. Sebagai bagian dari inisiatif baru ini, studio juga akan mengadakan berbagai program pelatihan dan workshop untuk membantu seniman lokal mengembangkan keterampilan, khususnya untuk para Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Tangerang pada 6 November 2023.

Pembukaan studio ini menjadi berita baik bagi komunitas seni lokal yang selama ini merindukan tempat yang cocok untuk menggali potensi kreatif mereka. Studio Gamplong adalah tempat yang sangat dinanti-nantikan bagi kami. Memberi kami akses ke fasilitas dan pengalaman yang sangat berharga dalam dunia seni. Studio Gamplong juga berencana untuk menyelenggarakan pameran seni reguler yang akan membantu seniman lokal untuk memamerkan karya-karya mereka kepada publik. Ini merupakan langkah positif dalam mempromosikan seni dan budaya lokal.

Dalam upaya untuk menjaga keberlanjutan proyek ini, studio juga mencari dukungan dari pihak swasta dan pemerintah setempat. Seiring berjalannya waktu, mereka berharap untuk melihat pertumbuhan yang signifikan dalam komunitas seni lokal. Jika Anda adalah seorang seniman atau pecinta seni, Studio Gamplong adalah tempat yang layak untuk dikunjungi. Ini adalah langkah penting dalam mendukung perkembangan seni lokal, serta tempat yang mempromosikan bakat-bakat baru yang akan membawa warna baru dalam dunia seni.

Penulis: Widia Lestari, Universitas Muhammadiyah Tangerang

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *