Sukseskan Zero Kilometer! Mahasiswa KKN UNDIP Sukses Berkolaborasi dengan Pemerintah Desa Pakurejo dan Disdukcapil Kabupaten Temanggung

Pelaksanaan Program Jemput Bola Kartu Identitas Anak di Balai Desa Pakurejo, Rabu (31/1/2024). Sumber: Dokumentasi Pribadi

JurnalPost.com, Temanggung (31/1/2024) – Desa Pakurejo menjadi pusat pelaksanaan kegiatan Mahasiswa KKN TIM 1 UNDIP dalam mendukung program Zero Kilometer oleh Disdukcapil Kabupaten Temanggung. Pada tanggal 29 Januari 2024, Mahasiswa KKN melaksanakan program BNBA Akta Kelahiran Anak, diikuti dengan Program Jemput Bola Kartu Identitas Anak pada tanggal 31 Januari 2024. Kedua program ini bertujuan untuk memastikan akses anak-anak dan orang tua di Desa Pakurejo terhadap layanan penting seperti BNBA Akta Kelahiran dan KIA, dengan dukungan dari Perangkat Desa Pakurejo dan kerjasama dengan Disdukcapil Kabupaten Temanggung.

Mahasiswa KKN Tim 1 UNDIP mengambil langkah konkrit dalam mendukung program Zero Kilometer dengan melakukan dua kegiatan penting mengenai administrasi kependudukan sesuai dengan arahan Disdukcapil Kabupaten Temanggung. Pada tanggal 29 Januari 2024, Mahasiswa KKN melaksanakan program BNBA Akta Kelahiran Anak dengan menjemput berkas peserta terdaftar di rumah mereka, berkas tersebut kemudian diserahkan kepada Perangkat Desa Pakurejo untuk diteruskan ke Disdukcapil Kabupaten Temanggung.

Sementara itu, pada tanggal 31 Januari 2024, dilaksanakan Program Jemput Bola Kartu Identitas Anak. Mahasiswa KKN melakukan pembuatan undangan, pengambilan foto, dan pendataan anak-anak usia 0-17 tahun (kurang 1 hari) yang belum terdaftar Kartu Identitas Anak. Berkas yang terkumpul diserahkan kepada Perangkat Desa Pakurejo untuk selanjutnya diteruskan ke Disdukcapil Kabupaten Temanggung. Perangkat Desa Pakurejo memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan ini dan Mahasiswa KKN berperan sebagai penghubung antara Perangkat Desa Pakurejo dengan arahan dari Disdukcapil Kabupaten Temanggung dalam memastikan kelancaran program Zero Kilometer di tingkat desa.

Dengan program BNBA Akta Kelahiran Anak dan Program Jemput Bola Kartu Identitas Anak, Mahasiswa KKN TIM 1 UNDIP memberikan kontribusi nyata dalam mendukung program Zero Kilometer di Desa Pakurejo. Harapan besar terpancar dari kolaborasi yang sukses terjalin antara Mahasiswa KKN TIM 1 UNDIP dan Pemerintah Desa Pakurejo dengan Disdukcapil Kabupaten Temanggung, yang semoga dapat membawa dampak positif bagi kesejahteraan anak-anak dan orang tua di Desa Pakurejo sehingga dapat memperoleh akses yang lebih baik terhadap layanan administrasi kependudukan.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *