Tips dari Couple Influencer: Wilda Prima Putri dan Eka Wijaya mengenai keseimbangan karier dan keluarga

@kakawijaya saat mengenalkan figure dinosaurus kepada anak-anaknya

JurnalPost.com – Menyeimbangkan peran sebagai orang tua dan pekerja bisa menjadi tugas yang menantang, tetapi dengan strategi yang efektif dan pendekatan yang fleksibel, anda bisa mencapai kehidupan yang lebih seimbang. Siapa sangka, dibalik pekerjaannya sebagai influencer, Wilda Prima Putri merupakan seorang legal officer pada suatu perusahaan ternama di Jakarta.

Sedangkan Eka Wijaya merupakan salah satu pegawai pemerintah pada salah satu Kementerian di Indonesia. Keduanya bertemu saat menjadi mahasiswa di Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada hingga akhirnya mereka kini dikenal sebagai pasangan suami isteri yang kompak dan sukses membagikan ilmunya kepada khalayak ramai disela-sela rutinitas pekerjaan masing-masing. Berikut beberapa tips yang diberikan oleh Wilda Prima Putri dan Eka Wijaya untuk membantu anda menemukan keseimbangan antara tanggung jawab sebagai orang tua dan karier anda:

@emputput mengajarkan anak sulungnya mengenai arti keberanian dengan cara bermain pada wahana yang memacu adrenalin di ketinggian

1. Tetapkan prioritas: tentukan prioritas utama anda, baik di tempat kerja maupun di rumah. Mengetahui apa yang paling penting bagi anda dapat membantu anda membuat keputusan dan mengalokasikan waktu anda dengan bijak.

2. Buat batasan: buat batasan yang jelas antara pekerjaan dan kehidupan keluarga. Saat berada di tempat kerja, fokus pada tugas-tugas anda, dan saat bersama keluarga, hadirkan diri dengan sepenuh hati dan terlibat sepenuhnya dengan mereka.

3. Buat jadwal: buat jadwal yang mencakup waktu kerja yang ditentukan dan waktu bersama keluarga. Memiliki rutinitas dapat memberikan struktur dan prediktabilitas baik bagi anda maupun keluarga anda.

4. Pilihan kerja yang fleksibel: jika memungkinkan, pertimbangkan pilihan kerja yang fleksibel, seperti bekerja dari jarak jauh, jam kerja yang fleksibel, atau opsi paruh waktu. Banyak pengusaha semakin terbuka terhadap opsi kerja yang fleksibel, terutama dalam situasi terkini.

5. Delegasi dan minta bantuan: jangan ragu untuk menugaskan tugas-tugas baik di tempat kerja maupun di rumah. Jika anda memiliki pasangan atau anggota keluarga lain, bagi tanggung jawab dalam mendidik anak dan pekerjaan rumah tangga. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menyewa pengasuh atau menggunakan layanan penitipan anak untuk memberikan waktu luang.

6. Manajemen waktu: tingkatkan keterampilan manajemen waktu anda untuk memaksimalkan jam kerja anda. Gunakan alat seperti daftar tugas, kalender, dan aplikasi manajemen waktu untuk tetap terorganisir.

7. Utamakan diri sendiri: merawat diri anda adalah hal yang penting. Pastikan anda mendapatkan tidur yang cukup, berolahraga, dan menjaga pola makan yang sehat. Ketika anda fisik dan mental sehat, anda lebih siap menghadapi tanggung jawab sebagai orang tua dan pekerja.

8. Komunikasi: komunikasi terbuka dan jujur dengan pengusaha dan keluarga anda sangat penting. Beritahukan pengusaha anda tentang komitmen keluarga anda dan diskusikan harapan kerja anda. Beritahu keluarga anda tentang jadwal kerja dan tenggat waktu anda.

9. Kualitas lebih penting daripada kuantitas: fokus pada kualitas waktu anda dengan anak-anak daripada kuantitasnya. Interaksi singkat yang bermakna dapat sama berpengaruhnya dengan waktu yang lebih lama.

10. Batas akan gangguan: kurangi gangguan saat bekerja dari rumah. Buatlah ruang kerja yang khusus, tetapkan batasan dengan anggota keluarga, dan hindari gangguan pribadi selama jam kerja.

11. Jadilah realistis: terimalah bahwa anda tidak akan selalu bisa melakukan segalanya dengan sempurna. Akan ada saat-saat di mana anda perlu memprioritaskan kembali dan menjadi fleksibel dengan jadwal anda.

12. Ambil istirahat: penting untuk mengambil istirahat secara teratur selama hari kerja dan bersantai. Istirahat singkat dapat membantu anda merasa segar kembali dan mempertahankan fokus.

13. Rencanakan kegiatan keluarga: jadwalkan kegiatan keluarga dan acara untuk menciptakan momen istimewa dengan anak-anak anda. Hal ini membantu memastikan anda menghabiskan waktu berkualitas bersama.

14. Jaringan dukungan: bangun jaringan dukungan dari teman, keluarga, dan orang tua lain yang dapat memberikan nasihat, bantuan, dan dukungan emosional saat diperlukan.
Pemilik akun instagram @emputput dan @kakawijaya ini juga menekankan bahwa keseimbangan bisa tampak berbeda bagi setiap orang dan bisa berubah seiring waktu. Bersabarlah dengan diri sendiri dan lakukan penyesuaian yang diperlukan untuk menemukan keseimbangan yang cocok dengan situasi unik anda.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *