Workshop Sistem Informasi Desa e-Gampong Universitas Syiah Kuala: Menyongsong Era Digital dengan Dukungan Penuh Kemdikbudristek

JurnalPost.com – Universitas Syiah Kuala (USK) meraih prestasi membanggakan dengan suksesnya penyelenggaraan Workshop Sistem Informasi Desa e-Gampong, menciptakan gelombang perubahan di Gampong Lam Ara, Banda Aceh. Acara ini bukan sekadar pertemuan rutin untuk pertukaran pengetahuan, melainkan sebuah tonggak bersejarah yang memberikan dorongan besar bagi implementasi teknologi informasi di tingkat desa. Workshop ini tidak hanya menjadi agenda biasa; sebaliknya, ia merangkul peran krusial sebagai bagian integral dari Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang mendapatkan dukungan penuh dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek).

Hotel Diana, Kota Banda Aceh, menjadi saksi pelaksanaan acara ini pada tanggal 28 Agustus 2023. Sebagai sebuah forum, workshop ini berhasil menyatukan para tokoh kunci Gampong Lam Ara, Tim PKM, dan sejumlah narasumber ahli di bidang teknologi informasi. Keberadaan mereka tidak terbatas sebagai peserta semata; mereka juga menjadi narasumber yang memberikan wawasan mendalam mengenai aplikasi e-Gampong yang telah dikembangkan oleh USK.

Kesebelas peserta yang hadir mencakup berbagai lapisan masyarakat, dari Geuchik, Sekretaris Desa, perangkat Gampong, hingga programmer sistem informasi e-Gampong Lam Ara. Para narasumber ahli, seperti Safrizal, S.T., M.T., Prof. Dr. Ir. Yuwaldi Away, M.Sc, dan Maimun, S.Pd., MA, bukan hanya menyumbang sebagai pembicara, melainkan juga memberikan kontribusi substansial. Keberhasilan workshop ini terletak pada peran kunci sebagai wadah integral untuk memperluas pemahaman dan pengetahuan mengenai penerapan teknologi informasi di tingkat desa.

Selain menjadi ajang perkenalan, workshop ini juga membawa agenda evaluasi mendalam terhadap aplikasi e-Gampong yang telah dikembangkan oleh USK. Harapannya, workshop mampu memberikan dorongan konkret terhadap pelayanan publik di Gampong Lam Ara dan memastikan ketersediaan informasi yang akurat serta mudah diakses oleh masyarakat. Aplikasi e-Gampong dianggap sebagai solusi inovatif yang berpotensi menghadirkan perubahan signifikan dalam penyelenggaraan pelayanan publik, seiring dengan konsep Smart Village yang tengah berkembang di berbagai wilayah.

Keberhasilan acara ini tidak dapat dilepaskan dari dukungan penuh yang diberikan oleh Kemdikbudristek, melalui program PKM dari USK. Para narasumber ahli hadir dengan materi berkualitas, membahas transformasi digital dalam pelayanan publik, pengembangan aplikasi, dan konsep Smart Village. Diskusi dan sesi tanya jawab yang interaktif menjadi ciri khas workshop ini, menciptakan platform untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman di antara peserta.

Workshop ini diharapkan tidak sekadar menjadi seremoni formal, melainkan menjadi tonggak bersejarah dalam mewujudkan konsep Smart Village di Gampong Lam Ara. Dukungan aktif Kemdikbudristek dan peran kritis program PKM dari USK menjadi pilar keberhasilan. Keberhasilan program ini diharapkan bisa menjadi contoh inspiratif tentang bagaimana dukungan dari lembaga pemerintah dan program pengabdian kepada masyarakat dapat memberikan dampak positif yang nyata pada masyarakat, serta mendorong perkembangan Smart Village di Gampong Lam Ara.

Semua kegiatan ini sejalan dengan semangat Pengabdian Kepada Masyarakat yang tidak hanya berhenti pada penyelenggaraan acara tetapi juga melibatkan partisipasi aktif dari berbagai pihak untuk memberikan kontribusi positif dalam mengembangkan potensi desa. Workshop ini menciptakan momentum penting untuk melangkah lebih jauh menuju Gampong Cerdas yang terkoneksi digital, meningkatkan kualitas hidup masyarakat, dan memberikan inspirasi bagi wilayah-wilayah lain dalam menerapkan konsep Smart Village. Dengan demikian, Workshop Sistem Informasi Desa e-Gampong tidak hanya menjadi sebuah acara, melainkan sebuah langkah krusial dalam mewujudkan visi Gampong Lam Ara sebagai entitas desa modern dan berbasis teknologi.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *