Rocky Gerung Diamankan Densus 88 Terkait Penghinaan Terhadap Kepala Negara?

Tak Berkategori

Informasi tentang penangkapan Rocky Gerung yang dilakukan Densus 88 perlu ditelaah kebenarannya.

Beredar kabar yang menyatakan bahwa politikus Rocky Gerung diciduk kesatuan Densus 88 karena telah melakukan penghinaan terhadap Presiden Joko Widodo.

Kabar ini disebarkan melalui media sosial Facebook, oleh akun bernama News Leslar. Judul video “ROCKY GERUNG DIC1DUK D3NSVS, PENGH1N4AN TERHADAP PRESIDEN JOKOWI BERAKHIR DIPENJ4RA”.

Foto thumnail ia dibawa beberapa orang berseragam, dengan aparat mengenakan rompi bertuliskan “Polisi” dengan posisi membelakangi. Tulisan penyertanya, “AKHIRNYA ROCKY GERUNG DICIDUK PENGHINAAN TERHADAP JOKOWI BERBUNTUT PANJANG”.

Benarkah isi video tentang Rocky Gerung yang disebarluaskan ini?

CEK FAKTA

Isi pemberitaan dalam video adalah tidak benar atau salah, tidak ada kaitannya dengan Densus 88.

PENJELASAN

Turnbackhoax.id mengadakan penelusuran dan hasilnya:

* Foto adalah hasil editan.
Fakta: salah satu sumber foto asli yang disunting dan digunakan untuk gambar pratinjau adalah milik Tribunimages pada 22 Februari 2018, dengan keterangan “RAZIA ORANG GILA – Satpol PP Kota Malang dan Personel Polres Malang Kota melakukan razia orang gila yang berkeliaran di jalanan Kota Malang, Kamis (22/2/2018). Razia ini dilakukan untuk merespon maraknya pengaduan warga terkait orang gila di ruang publik sekaligus untuk membina dan merawat mereka secara lebih intensif di Rumah Sakit dan Panti Sosial.”

* Verifikasi video.
Fakta: video adalah hasil suntingan, pembacaan artikel dari media opini, dan potongan-potongan video yang isinya tidak sesuai dengan klaim di judul dan deskripsi.

Salah satu potongan video yang identik milik Kompas TV Sukabumi di YouTube pada 2 Agustus 2023, berjudul “JAKARTA, KOMPAS.TV – Tim Badan Bantuan Hukum dan Advokasi Rakyat (BBHAR) DPP PDI Perjuangan secara resmi melaporkan Rocky Gerung ke Bareskrim Polri atas dugaan penghinaan terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi)”.

Referensi lainnya yang berkaitan didapat dari pencarian Google Videos, kata kunci: “pdip resmi polisikan rocky gerung” dan hasil  pencarian Google News, kata kunci: “pdip resmi polisikan rocky gerung”.

Adapun artikel yang dibaca di video berasal dari SEWORD pada 1 Agustus 2023, judulnya “Nama Rocky Gerung trending di Twitter (sekarang sudah berubah menjadi X). Saya entah karena apa, rupanya karena ucapannya yang sangat offside dan keterlaluan. Kurang ajar malah.”

KESIMPULAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis- dan Disinformasi oleh First Draft News, termasuk “konten yang dimanipulasi: ketika informasi atau gambar yang asli dimanipulasi untuk menipu”.

Catatan Redaksi:

Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Metro Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi).

Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Metro Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email [email protected].

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *